Manfaat Pengendalian Internal Persediaan dalam Menunjang Efektivitas Pengelolaan Persediaan Barang Dagangan (Survei pada PT â Xâ di Bandung)

Widyatama Repository

Manfaat Pengendalian Internal Persediaan dalam Menunjang Efektivitas Pengelolaan Persediaan Barang Dagangan (Survei pada PT â Xâ di Bandung)

Show full item record

Title: Manfaat Pengendalian Internal Persediaan dalam Menunjang Efektivitas Pengelolaan Persediaan Barang Dagangan (Survei pada PT â Xâ di Bandung)
Author: Sentoso, Lily Agustine
Abstract: Persediaan barang dagangan merupakan salah satu unsur penting bagi perusahaan distributor karena merupakan salah satu aktiva lancar yang sangat besar nilainya. Pada perusahaan distributor, mutasi atas persediaan barang dagangan sangat sering terjadi sehingga diperlukan adanya suatu pengendalian Berdasarkan hal tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai manfaat pengendalian internal dalam menunjang efektivitas pengelolaan persediaan barang dagangan. Penulis mengajukan rancangan hipotesis : â Pengendalian internal persediaan bermanfaat dalam menunjang efektivitas pengelolaan persediaan barang daganganâ Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode analisis deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Penelitian lapangan dilakukan melalui wawancara dengan pejabat yang berwenang, observasi terhadap dokumen dan prosedur perusahaan yang berkaitan dengan masalah yang diteliti serta melalui penyebaran kuesioner kepada 10 orang responden. Hasil penelitian menunjukkan manfaat pengendalian internal persediaan dalam menunjang efektivitas pengelolaan persediaan barang dagangan adalah mengurangi pemborosan dan biaya yang timbul dari penyelenggaraan persediaan yang berlebihan, mengurangi risiko pencurian persediaan, melalui pengendalian yang wajar, dimungkinkan adanya pelaksanaan pembelian yang lebih baik untuk memperoleh keuntungan dari harga khusus dan dari perubahan harga, memungkinkan pemberian jasa yang lebih memuaskan kepada para pelanggan dengan cara selalu menyediakan barang yang diperlukan, menekan investasi modal dalam persediaan pada tingkat yang minimum. Berdasarkan hasil analisis korelasi Spearman sebesar 0,727 atau 72,7% menunjukkan bahwa pengendalian internal persediaan yang diterapkan PT â Xâ bermanfaat dalam menunjang efektivitas pengelolaan persediaan barang dagangan. Hal ini terlihat dari terpenuhinya unsur-unsur pengendalian internal, tujuan umum dan tujuan khusus pengendalian internal, dan syarat-syarat pengelolaan persediaan yang efektif. Hasil perhitungan koefisien determinasi adalah 53% artinya pengendalian internal persediaan bermanfaat dalam menunjang efektivitas pengelolaan persediaan barang dagangan sebesar 53% dan sisanya sebesar 47% dipengaruhi faktor lainnya.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/867
Date: 2006-01


Files in this item

Files Size Format View Description
content 1.pdf 987.7Kb PDF View/Open content 1
content 2.pdf 1.346Mb PDF View/Open content 2
content 3.pdf 307.8Kb PDF View/Open content 3
cover.pdf 72.12Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record