Manfaat akuntabilitas Laporan Keuangan Bagi Terwujudnya Good Corporate Governance (Studi Kasus pada PT.Telekomunikasi Indonesia, Tbk)

Widyatama Repository

Manfaat akuntabilitas Laporan Keuangan Bagi Terwujudnya Good Corporate Governance (Studi Kasus pada PT.Telekomunikasi Indonesia, Tbk)

Show full item record

Title: Manfaat akuntabilitas Laporan Keuangan Bagi Terwujudnya Good Corporate Governance (Studi Kasus pada PT.Telekomunikasi Indonesia, Tbk)
Author: Hernisah
Abstract: Good Corporate Governance (GCG) merupakan langkah yang penting dalam membangun kepercayaan pasar (market convidence) dan mendorong arus investasi internasional yang lebih stabil, dan bersifat jangka panjang. Penerapan praktik-praktik pengelolaan perusahaan yang baik akan menciptakan insentif internal yang efektif dengan manajemen perusahaan dan penggunaan sumber daya yang efisien, sehingga mendorong pulihnya perekonomian, baik secara makro maupun mikro. Investor dapat memanfaatkan informasi yang tertera dalam laporan keuangan untuk melihat kinerja suatu perusahaan yang berguna dalam pengambilan keputusan ekonomi investor dan stakeholders lainnya. Permasalahan yang ada dalam aspek pengelolaan keuangan perusahaan oleh manajemen adalah adanya akuntabilitas kepada stakeholders. Dalam akuntabilitas terkandung kewajiban untuk menyajikan dan melaporkan segala kegiatan terutama di bidang administrasi keuangan kepada pihak yang berkepentingan. Akuntabilitas hal yang penting yang harus dicapai dan dipenuhi oleh perusahaan terutama dalam hal keuangan yaitu laporan keuangan sebagai media pertanggungjawaban oleh pihak manajemen kepada stakeholders. Dalam penyusunan skripsi ini, penulis memilih objek penelitian akuntabilitas laporan keuangan ditinjau dari segi GCG di PT.Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Perusahaan ini merupakan Perseroan Terbatas Terbuka, yang telah melakukan dual listing di dalam dan di luar negeri, dan telah mendapatkan sertifikat GCG. Proses penelitian yang digunakan penulis menggunakan studi kasus dengan metode deskriptif yaitu metode yang melihat dan menggambarkan keadaan perusahaan secara sistematis, aktual, dan akurat. Dengan cara mengumpulkan data berdasarkan fakta-fakta yang nampak dalam perusahaan sehingga diperoleh gambaran yang jelas atas objek yang diteliti, agar dapat diambil suatu kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, penulis dapat mengatakan bahwa laporan keuangan PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk tahun buku 2004 telah akuntabel, adanya kesesuaian antara indikator dengan hasil observasi yang dilakukan penulis. Adapun saran dari penulis yaitu laporan tahunan sebaiknya memuat kepemilikan saham Komisaris, Direksi atau anggota keluarganya dalam perusahaan, agar dapat diketahui potensi conflict of interest dalam perusahaan serta untuk melaksanakan keterbukaan dan transparansi
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/863
Date: 2005-09


Files in this item

Files Size Format View Description
content 1.pdf 1.089Mb PDF View/Open content 1
content 2.pdf 1.954Mb PDF View/Open content 2
content 3.pdf 56.46Kb PDF View/Open content 3
cover.pdf 95.45Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record