Analisis Faktor-faktor Pemilihan Karir Akuntan Bagi Mahasiswa Akuntansi (Studi Survei pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Widyatama)

Widyatama Repository

Analisis Faktor-faktor Pemilihan Karir Akuntan Bagi Mahasiswa Akuntansi (Studi Survei pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Widyatama)

Show full item record

Title: Analisis Faktor-faktor Pemilihan Karir Akuntan Bagi Mahasiswa Akuntansi (Studi Survei pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Widyatama)
Author: Yunitasari, Retno
Abstract: Dewasa ini minat masyarakat terhadap profesi akuntansi cukup tinggi. Hal ini tampak dari semakin banyaknya jumlah lembaga pendidikan akuntansi dari tahun ke tahun, yang memberikan layanan pendidikan akuntansi pada berbagai jenjang, termasuk pendidikan tinggi strata satu (S1). Sarjana Ekonomi Program Studi Akuntansi dapat memilih alternatif pilihan karir antara profesi akuntansi umum dan profesi akuntan. Bagi yang memilih profesi akuntan mereka harus meraih gelar Akuntan terlebih dahulu, melalui antara lain Pendidikan profesi Akuntan (PPA). Selanjutnya mereka dapat memiilih pilihan karir profesi akuntan, baik sebagai Akuntan Publik, Akuntan Manajemen, Akuntan Pemerintah, maupun Akuntan Pendidik. Perencanaan pemilihan karir merupakan suatu hal yang sangat penting untuk mencapai kesuksesan dalam berkarir. Perencanaan tersebut meliputi pertimbangan terhadap beberapa faktor yang dominan dalam pemilihan karir. Skripsi ini merupakan skripsi penelitian dengan mengambil judul â Analisis Faktor-faktor Pemilihan Karir Akuntan Bagi Mahasiswa Akuntansiâ . Objek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Akuntansi pada Universitas Widyatama di Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dipertimbangkan mahasiswa dalam pemilihan karir akuntan dan untuk mengetahui Faktor-faktor yang paling dominan dalam pemilihan karir. Teknik pengumpulan data yang dilakukan untuk mencapai tujuan penelitian berupa penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Pengujian dilakukan dengan menggunakan analisis chi kuadrat untuk mengetahui diterima atau ditolaknya faktor-faktor yang selalu dipertimbangkan oleh mahasiswa akuntansi dalam pemilihan karir akuntan. Analisis juga dengan memperhatikan latar belakang dan perkembangan minat mahasiswa terhadap program studi akuntansi dan profesi akuntan serta personalitas mahasiswa. Hipotesa yang penulis tetapkan sebelumnya adalah bahwa terdapat enam faktor yaitu: Intrinsik, Penghasilan, Pertimbangan Pasar Kerja, Latar Belakang Pendidikan SMU, Kelebihan dan Kelemahan Profesi Akuntan, serta personalitas merupakan faktor-faktor yang dipertimbangkan oleh mahasiswa dalam pemilihan karir akuntan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tersebut dapat diketahui bahwa hipotesa atas ke enam faktor tersebut diatas diterima dan selalu dipertimbangkan oleh mahasiswa akuntansi dalam pemilihan karir akuntan dengan Faktor Intrinsik sebagai faktor yang paling dominan. Penulis menyarankan agar Perguruan Tinggi Akuntansi menyelenggarakan program PKL (Praktek Kerja Lapangan) yang diperlukan oleh mahasiswa dalam persiapan memasuki dunia kerja, program bimbingan psikologi bagi para mahasiswa bekerja sama dengan Fakultas Psikologi / Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Diri, dan memberikan bimbingan persiapan untuk memilih dan meningkatkan karir bagi mahasiswa.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/860
Date: 2005-12


Files in this item

Files Size Format View Description
content 1.pdf 735.0Kb PDF View/Open content 1
content 2.pdf 1.334Mb PDF View/Open content 2
content 3.pdf 374.1Kb PDF View/Open content 3
cover.pdf 62.59Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record