Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Neo Calista Bandung

Widyatama Repository

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Neo Calista Bandung

Show full item record

Title: Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Neo Calista Bandung
Author: Erriani, Deva
Abstract: Skripsi ini disusun oleh Deva Erriani (02 04 460), dengan judul â Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Neo Calista Bandung.â Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey. Kepuasan konsumen merupakan penilaian atas kinerja atau kualitas pelayanan yang diberikan. Kepuasan konsumen yang tinggi dapat mendorong kesetiaan konsumen. Tujuan penulis melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktifitas pelayanan apa saja yang diberikan oleh Neo Calista Bandung, untuk mengetahui harapan dan kinerja yang dirasakan oleh konsumen atas pelayanan yang diberikan oleh pihak Neo Calista, dan untuk menganalisa seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Neo Calista Bandung. Dari hasil analisis kerja yang dirasakan konsumen terhadap kualitas pelayanan Neo Calista Bandung secara keseluruhan dapat diperoleh rata-rata kinerja yang dirasakan konsumen sebesar 4,14. Hal ini menunjukkan bahwa kinerja yang dirasakan konsumen terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh Neo Calista Bandung adalah Baik, sehingga kualitas pelayanan yang diberikan oleh Neo Calista Bandung telah dapat memenuhi harapan konsumen. Berdasarkan dari hasil analisis harapan konsumen terhadap kualitas pelayanan Neo Calista Bandung secara keseluruhan, maka dapat diperoleh rata-rata harapan konsumen sebesar 4,44. Hal ini menunjukkan bahwa harapan konsumen terhadap kualitas pelayanan Neo Calista Bandung adalah sangat penting. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Neo Calista Bandung, digunakan analisis statistik yang didasarkan pada data-data yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner sebanyak 50 orang responden. Hasil koefisien korelasi Rank Spearman sebesar rs = 0,429. Hal ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang sedang dan searah antara kedua variabel. Dari hasil perhitungan koefisien determinasi didapat angka sebesar 18,40%, yang menunjukan besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen, sedangkan sisanya sebesar 81,60% dipengaruhi variabel lainnya yang tidak diukur dalam penelitian ini. Kemudian dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan tabel distribusi t, dari hasil perhitungan ternyata diperoleh nilai t hitung lebih besar dari pada t tabel (3,2904 > 1,6789) yang berarti Ho ditolak dan Hi diterima. Ini berarti terdapat hubungan positif yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen, maka hipotesis yang diajukan penulis, yaitu: â Pelayanan yang baik berhubungan positif dengan kepuasan konsumenâ , dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/849
Date: 2008-03


Files in this item

Files Size Format View Description
content 1.pdf 2.435Mb PDF View/Open content 1
content 2.pdf 1.539Mb PDF View/Open content 2
cover.pdf 630.4Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record