Pengaruh Modal Bank yang Diukur dengan Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap Profitabilitas yang Diukur dengan Net Interest Margin (NIM) pada PT. Bank EKONOMI RAHARJA, Tbk.

Widyatama Repository

Pengaruh Modal Bank yang Diukur dengan Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap Profitabilitas yang Diukur dengan Net Interest Margin (NIM) pada PT. Bank EKONOMI RAHARJA, Tbk.

Show full item record

Title: Pengaruh Modal Bank yang Diukur dengan Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap Profitabilitas yang Diukur dengan Net Interest Margin (NIM) pada PT. Bank EKONOMI RAHARJA, Tbk.
Author: Oktavina, Devia Nur
Abstract: Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Supaya bank tetap dapat melakukan aktivitasnya, maka bank harus dapat memenuhi standar kecukupan modal yang harusdimiliki setiap dalam upaya untuk melindungi dari risiko yang mungkin timbul dalam menjalankan kegiatan usahanya. Apabila sebuah bank telah memiliki modal yang cukup mencukupi, maka bank tersebut memiliki sumber daya financial yang cukup untuk berjaga-jaga terhadap potensi kerugian. Dengan demikian jika risiko kecukupan modal (Capital Adequacy Ratio) sudah dapat terpenuhi maka akan mampu meningkatkan kemampuan bank dalam meningkatkan laba. Ukuran profitabilitas dalam praktek perbankan adalah Net Interest Margin. Bertolak pada masalah itu, maka penulis melakukan penelitian pada PT. Bank EKONOMI RAHARJA, Tbk. Dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh rasio kecukupan modal terhadap profitabilitas pada bank tersebut. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah pengumpulan data sekunder dan penelitian kepustakaan. Untuk keperluan analisis data dalam penelitian ini, penulis menggunakan pengujian statistik yang dibantu oleh program Excel dan SPSS 13.0. for windows dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana dan metode Enter. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dengan menggunakan tingkat signifikansi uji F < α = 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Rasio Kecukupan Modal berpengaruh terhadap profitabilitas bank. Mengingat masih banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi besar kecilnya profitabilitas suatu bank, maka perlu adanya penelitian lebih lanjut mengenai faktor-faktor tersebut dan juga perlu dilakukan penambahan rentang waktu data yang diteliti sehingga penelitian dapat lebih akurat.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/847
Date: 2008-03


Files in this item

Files Size Format View Description
content 1.pdf 2.718Mb PDF View/Open content 1
content 2.pdf 1.747Mb PDF View/Open content 2
cover.pdf 254.2Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record