Peranan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Internal Penjualan (Studi kasus pada PT. Pupuk Kujang (Persero))

Widyatama Repository

Peranan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Internal Penjualan (Studi kasus pada PT. Pupuk Kujang (Persero))

Show full item record

Title: Peranan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Internal Penjualan (Studi kasus pada PT. Pupuk Kujang (Persero))
Author: Yunita, Rima
Abstract: Salah satu kegiatan utama dan tujuan perusahaan dalam menunjang kelangsungan hidupnya adalah memperoleh laba yang dapat dicapai melalui kegiatan penjualan. Tujuan utama perusahaan tersebut akan dapat dicapai apabila penjualan maksimal dan berjalan dengan baik. Sistem informasi akuntasi penjualan sangat diperlukan bagi perusahaan saat ini, untuk menunjang efektivitas pengendalian internal penjualan perusahaan. Objek penelitian dalam pembahasan skripsi ini adalah peranan sistem informasi akuntansi penjualan dalam menunjang efektivitas pengendalian internal penjualan pada PT. Pupuk Kujang (Persero) yang berlokasi di Jl. Jenderal Ahmad Yani No. 39 Cikampek, Jawa Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui peranan sistem informasi akuntansi penjualan dalam menunjang efektivitas pengendalian internal penjualan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan pendekatan studi kasus, yaitu suatu metode yang berusaha untuk memberikan gambaran secara sistematis dan akurat mengenai faktafakta, sifat, dan hubungan antara fenomena yang diteliti dalam suatu perusahaan. Gambaran yang sistematis diperoleh dengan cara mengumpulkan, mengklasifikasikan dan menganalisis data, sehingga dapat ditarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai peranan sistem informasi akuntansi penjualan dalam menunjang efektivitas pengendalian internal penjualan yang dilakukan di PT Pupuk Kujang (Persero), diperoleh bahwa sistem informasi akuntansi penjualan yang diterapkan perusahaan sudah memadai. Hal ini dapat dilihat dari pemanfaatan seluruh unsur-unsur sistem informasi akutansi. Pengendalian internal penjualan yang diterapkan oleh PT Pupuk Kujang (Persero) sudah memadai. Hal ini dapat dilihat dari terpenuhinya komponen-komponen pengendalian internal penjualan. Efektivitas pengendalian internal penjualan, hal tersebut didukung oleh terpenuhinya tujuan pengendalian internal penjualan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/839
Date: 2008-03


Files in this item

Files Size Format View Description
content 1.pdf 1.435Mb PDF View/Open content 1
content 2.pdf 766.7Kb PDF View/Open content 2
cover.pdf 13.46Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record