Pengaruh Atribut Produk Yamaha Jupiter MX Terhadap Minat Beli Konsumen (Survey Pada PT. Kencana Berlian Merdeka Bandung)

Widyatama Repository

Pengaruh Atribut Produk Yamaha Jupiter MX Terhadap Minat Beli Konsumen (Survey Pada PT. Kencana Berlian Merdeka Bandung)

Show full item record

Title: Pengaruh Atribut Produk Yamaha Jupiter MX Terhadap Minat Beli Konsumen (Survey Pada PT. Kencana Berlian Merdeka Bandung)
Author: Harwanto, Randyakso
Abstract: Skripsi ini disusun oleh Randyakso Harwanto (02 04 273), dengan judul â Pengaruh Atribut Produk Yamaha Jupiter MX Terhadap Minat Beli Konsumen (Survey Pada PT. Kencana Berlian Merdeka Bandung)â . Di dalam penyusunan skripsi ini penulis di bawah bimbingan Bapak Salim Munabi S.E., M.M. selaku dosen pembimbing. Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey. Maksud dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran secara menyeluruh mengenai atribut produk Yamaha Jupiter MX. Sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh atribut produk Yamaha Jupiter MX terhadap minat beli konsumen pada PT. Kencana Berlian Merdeka. Dalam memilih produk, konsumen tentu saja akan dipengaruhi oleh atribut dari produk. Atribut produk merupakan segala sesuatu yang melekat dan menyertai produk tersebut , seperti merek, desain, warna, kualitas dan sebagainya. Atribut merupakan salah satu unsur penting yang dapat mendorong konsumen untuk membeli produk, semakin baik atribut produk maka konsumen akan semakin tertarik untuk membeli produk tersebut. Berdasarkan hasil penelitian bahwa tanggapan konsumen terhadap atribut produk motor Yamaha Jupiter MX adalah sangat baik, yang ditunjukan dengan nilai rata-rata secara keseluruhan atas pernyataan responden terhadap atribut produk Yamaha Jupiter MX adalah sebesar 4,31. Dan dari hasil penelitian pernyataan responden terhadap minat beli konsumen adalah sangat baik, yang ditunjukan dengan nilai rata-rata secara kesuluruhan atas pernyataan responden terhadap minat beli konsumen adalah sebesar 4,28. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh atribut produk Yamaha Jupiter MX terhadap minat beli konsumen, digunakan analisis statistik yang didasarkan pada data-data yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner sebanyak 30 orang responden. Hasil koefisien korelasi Rank Spearman sebesar rs = 0,710. Hal ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang kuat dan searah antara kedua variabel. Dari hasil perhitungan koefisien determinasi didapat angka sebesar 50,41%, yang menunjukan besarnya pengaruh atribut produk Yamaha Jupiter MX terhadap minat beli konsumen, sedangkan sisanya sebesar 49,59% minat beli konsumen dipengaruhi variabel lainnya yang tidak diukur dalam penelitian ini. Kemudian dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan tabel distribusi t, dari hasil perhitungan ternyata diperoleh nilai t hitung lebih besar dari pada t tabel (5,334 > 1,701) yang berarti Ho ditolak dan H1 diterima. Ini berarti terdapat hubungan positif yang signifikan antara atribut produk dengan minat beli konsumen, maka hipotesis yang diajukan penulis, yaitu: â Jika atribut produk Yamaha Jupiter MX Semakin dilengkapi dengan baik maka minat pembelian konsumen meningkatâ , dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/834
Date: 2008-04


Files in this item

Files Size Format View Description
content 1.pdf 1.606Mb PDF View/Open content 1
content 2.pdf 763.3Kb PDF View/Open content 2
cover.pdf 586.0Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record