Analisis Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 Dalam Menunjang Total Quality Management (TQM) Pada Divisi INFRATEL di PT. TELKOM

Widyatama Repository

Analisis Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 Dalam Menunjang Total Quality Management (TQM) Pada Divisi INFRATEL di PT. TELKOM

Show full item record

Title: Analisis Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 Dalam Menunjang Total Quality Management (TQM) Pada Divisi INFRATEL di PT. TELKOM
Author: Rachman, Renaldi
Abstract: ISO 9001:2000 merupakan persyaratan-persyaratan dan rekomendasi untuk desain dan penilaian dari suatu sistem manajemen mutu, dengan tujuan untuk menjamin bahwa perusahaan akan memberikan produk (barang dan/atau jasa) yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2000 pada Divisi INFRATEL di PT. TELKOM, hambatan-hambatan dalam pelaksanaan sistem manajemen mutu ISO 9001:2000 pada Divisi INFRATEL, dan penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2000 dalam menunjang Total Quality Management pada Divisi INFRATEL. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2000 pada Divisi INFRATEL dilakukan secara bertahap sejak tahun 2001 dan pada bulan Desember 2004 mendapatkan sertifikat ISO dari badan sertifikasi United Registrar of System (URS), Inggris. Metode sertifikasi yang digunakan Divisi INFRATEL adalah Partial Process yaitu metode untuk memperoleh sertifikasi namun hanya proses tertentu saja yang dijaminkan. Berdasarkan hasil audit eksternal dapat diketahui hambatan utama dalam menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 pada Divisi INFRATEL berkaitan dengan prosedur kerja dan kesalahan yang berulang-ulang pada sistem dokumentasi. Divisi INFRATEL menggunakan sistem TELKOM - Quality Management System (T-QMS) untuk mencapai sasaran mutu. T-QMS merupakan hasil pengembangan Total Quality Management (TQM) yang dimaksudkan untuk mendorong organisasi melakukan analisis persyaratan pelanggan, menetapkan proses-proses yang tepat dan dapat memberikan kontribusi bagi pencapaian suatu produk/ jasa yang dapat diterima oleh pelanggan, kemudian secara konsisten mengendalikan setiap prosesnya kearah pencapaian siklus waktu proses yang lebih cepat, optimal dan efisien. Dengan melaksanakan persyaratan-persyaratan yang ada di dalam ISO 9001:2000 maka T-QMS dapat tercapai.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/824
Date: 2008-03


Files in this item

Files Size Format View Description
content 1.pdf 3.739Mb PDF View/Open content 1
content 2.pdf 656.3Kb PDF View/Open content 2
cover.pdf 83.34Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record