Pengaruh Kualitas Customer Service Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah Bank Jabar Cabang Purwakarta

Widyatama Repository

Pengaruh Kualitas Customer Service Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah Bank Jabar Cabang Purwakarta

Show full item record

Title: Pengaruh Kualitas Customer Service Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah Bank Jabar Cabang Purwakarta
Author: Puspitasari, Hesti
Abstract: Penelitian ini dilakukan pada Bank Jabar cabang Purwakarta dengan mengambil sejumlah 50 orang responden sebagai sampel. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasikan tiga permasalahan utama yang dianggap penting yaitu: bagaimana kualitas Customer Service di Bank Jabar cabang Purwakarta (menurut persepsi nasabah), bagaimana tingkat kepuasan nasabah di Bank Jabar cabang Purwakarta (menurut persepsi nasabah), dan seberapa besar pengaruh kualitas Customer Service terhadap tingkat kepuasan nasabah di Bank Jabar cabang Purwakarta (menurut persepsi nasabah). Maksud dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran secara menyeluruh mengenai kualitas Customer Service dan tingkat kepuasan nasabah sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas Customer Service terhadap tingkat kepuasan nasabah di Bank Jabar cabang Purwakarta. Untuk mengetahui seberapa kuat hubungan kualitas Customer Service dengan kepuasan nasabah, maka dilakukan uji stasistik dengan menggunakan korelasi rank spearman dan diperoleh nilai rs sebesar 0,626 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara kualitas Customer Service dengan tingkat kepuasan nasabah. Sedangkan hasil analisis koefisien determinasi (Kd) sebesar 39,18% menunjukkan bahwa kualitas Customer Service memberikan pengaruh terhadap tingkat kepuasan nasabah, sedangkan sisanya yaitu 60,82% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti oleh penulis. Berdasarkan pengujian hipotesis didapat bahwa thitung = 5,56 lebih besar dari ttabel = 1,679 maka terbukti bahwa kualitas Customer Service memiliki hubungan yang positif dengan tingkat kepuasan nasabah. Sehubungan dengan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, hipotesis yang semula diajukan yaitu : â Kualitas Customer Service memiliki hubungan yang positif dengan tingkat kepuasan nasabahâ , dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/823
Date: 2008-04


Files in this item

Files Size Format View Description
content 1.pdf 3.051Mb PDF View/Open content 1
content 2.pdf 8.415Mb PDF View/Open content 2
cover.pdf 386.3Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record