Pengaruh Brand Name Produk Cardinal Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Counter Cardinal Yogya Kepatihan Dept.Store Bandung

Widyatama Repository

Pengaruh Brand Name Produk Cardinal Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Counter Cardinal Yogya Kepatihan Dept.Store Bandung

Show full item record

Title: Pengaruh Brand Name Produk Cardinal Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Counter Cardinal Yogya Kepatihan Dept.Store Bandung
Author: Veriyanti, Vera
Abstract: Skripsi ini disusun oleh Vera Veriyanti (02 04 026), dengan judul â Pengaruh Brand Name Produk Cardinal Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Counter Cardinal Yogya Kepatihan Dept.Store Bandungâ . Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey. Brand name adalah sesuatu yang umum untuk didengar orang, namun ketika brand name itu begitu melekat dibenak pasar serta dikenal dan diucapkan untuk mewakili suatu produk tertentu, brand name menunjukkan keunggulannya. Karena begitu dikenalnya merek tersebut untuk diucapkan publik/pasar, itu menjadi sebuah tanda penting bahwa merek tersebut telah memperoleh posisi yang kuat di pasar produknya, dan tidak menutup kemungkinan untuk menjadikan pasar sasaranya menjadi loyal terhadap brand name produk/jasanya. Tujuan dari penelitian yang dilakukan penulis adalah untuk mengetahui upaya perusahaan (pemilik merek dagang Cardinal) dalam membentuk dan membina brand name Cardinal, untuk mengetahui bagaimana tanggapan pelanggan terhadap brand name produk Cardinal, untuk mengetahui tanggapan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan dari brand name produk Cardinal, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh brand name produk Cardinal terhadap loyalitas pelanggan. Dalam penyusunan skripsi ini, penulis melakukan penelitian pada counter Cardinal Yogya Kepatihan Dept.Store Bandung sebagai counter resmi produk dengan brand name Cardinal dan penulis jadikan sebagai tempat dalam menyebarkan kuesioner yang telah dibuat. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa perusahaan cukup berhasil dalam membentuk dan membina brand name Cardinalnya, ini terbukti dari usaha-usaha yang dilakukan dan melalui nilai rata-rata secara keseluruhan atas pernyataan responden terhadap brand name Cardinal itu sendiri yang mendapatkan hasil sebesar 4,39 dengan artian sangat baik. Dan dari hasil penelitian bahwa loyalitas pelanggan terhadap brand name produk Cardinal adalah sangat baik yang ditunjukan dari nilai rata-rata keseluruhan atas pernyataan responden sebesar 4,43. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh brand name produk Cardinal terhadap loyalitas pelanggan di Counter Cardinal Yogya Kepatihan Dept.Store Bandung, digunakan analisis statistik yang didasarkan pada data-data yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 50 orang responden. Hasil koefisien korelasi Rank Spearman (rs) sebesar 0,568. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang sedang atau cukup kuat antara kedua variabel. Dari hasil perhitungan koefisien determinasi didapat angka sebesar 32,26%, yang menunjukkan besarnya pengaruh brand name terhadap loyalitas pelanggan, sedangkan sisanya sebesar 67,74% loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diukur dalam penelitian ini. Kemudian dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan tabel distribusi t, dari hasil perhitungan diperoleh nilai t hitung lebih besar dari pada nilai t tabel (4,783>1,6789) yang berarti Ho ditolak dan Hi diterima yang menandakan bahwa kedua variabel memiliki pengaruh, maka hipotesis yang penulis ajukan yaitu : â Brand name produk cardinal berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan di counter Cardinal Yogya Kepatihan Dept.Store Bandungâ , dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/819
Date: 2007-12


Files in this item

Files Size Format View Description
content 1.pdf 15.43Mb PDF View/Open content 1
content 2.pdf 11.47Mb PDF View/Open content 2
cover.pdf 75.29Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record