Usulan Perancangan Penerapan 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke) Dalam Upaya Meningkatkan Efisiensi Waktu Kerja Pada Dipo Lokomotif Daerah Operasi 2 Bandung Bagian Check Ruas Luar di PT. KAI (Persero)

Widyatama Repository

Usulan Perancangan Penerapan 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke) Dalam Upaya Meningkatkan Efisiensi Waktu Kerja Pada Dipo Lokomotif Daerah Operasi 2 Bandung Bagian Check Ruas Luar di PT. KAI (Persero)

Show full item record

Title: Usulan Perancangan Penerapan 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke) Dalam Upaya Meningkatkan Efisiensi Waktu Kerja Pada Dipo Lokomotif Daerah Operasi 2 Bandung Bagian Check Ruas Luar di PT. KAI (Persero)
Author: Kusuma, Adi Darma
Abstract: Adi Darma Kusuma (0203425) Judul â Usulan Perancangan Penerapan 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke) Dalam Upaya Meningkatkan Efisiensi Waktu Kerja Pada Dipo Lokomotif Daerah Operasi 2 Bandung Bagian Check Ruas Luar di PT. KAI (Persero). Dosen Pembimbing Achmad Hidayat S., S.E., M.Com., M.Phil. PT. Kereta Api Indonesia atau yang lebih dikenal dengan nama PT. KAI (Persero) adalah perusahaan jasa transportasi yang bergerak dibidang penyedia jasa sarana angkutan kereta. PT. KAI menyadari bahwa karyawan memegang peranan penting dalam melancarkan kegiatan operasional perusahaan. Agar kegiatan di perusahaan tidak terganggu karena adanya keterlambatan waktu keberangkatan kereta dan tidak terjadinya kecelakaan di tempat kerja, sebaiknya perusahaan menerapkan 5S sehingga efisiensi waktu kerja meningkat. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara kepada karyawan dan melakukan pengamatan di PT. KAI (Persero). Selain itu penulis juga menggunakan studi literatur sebagai bahan tambahan dalam penulisan skripsi ini. Tujuan penelitian yang dilakukan pada Dipo Lokomotif Daerah Operasi 2 Bagian Check Ruas Luar di PT. KAI (Persero) adalah Untuk mengetahui budaya kerja pada proses operasional di PT. KAI (Persero) apabila dikaitkan dengan model 5S, untuk mengetahui hubungan perancangan penerapan 5S dengan efisiensi waktu kerja di PT. KAI (Persero), untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi dalam perancangan penerapan 5S di PT. KAI (Persero), untuk mengetahui usulan perancangan penerapan 5S dalam upaya meningkatkan efisiensi waktu kerja di PT. KAI (Persero). Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa penerapan 5S di ruang peralatan pada Dipo Lokomotif Daerah Operasi 2 Bandung Bagian Check Ruas Luar di PT. KAI sudah dapat dikatakan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian, yaitu terdapatnya hubungan antara penerapan 5S dengan Efisiensi Waktu Kerja pada proses pemeriksaan harian lokomotif. Hal ini dapat di buktikan dengan cara melakukan pengukuran waktu pada proses pemeriksaan harian lokomotif dengan menggunakan Stop Watch. Dalam pengukuran waktu, didapat data sebagai berikut, yaitu sebelum penerapan 5S adalah 15 menit 8 detik, sedangkan setelah penerapan 5S adalah 10 menit 7 detik. Dan terdapat selisih waktu antara sebelum penerapan 5S dan sesudah penerapan 5S, yaitu diperoleh selisih waktu sebesar 5 menit 1 detik. Hal ini membuktikan bahwa hipotesa yang diajukan dapat diterima, yaitu dengan melakukan perancangan penerapan 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke) maka secara signifikan perusahaan dapat meningkatkan efisiensi waktu kerja Hal ini berarti terdapat hubungan yang positif antara penerapan 5S dengan efisiensi waktu kerja.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/815
Date: 2008-02


Files in this item

Files Size Format View Description
content 1.pdf 1.943Mb PDF View/Open content 1
content 2.pdf 3.813Mb PDF View/Open content 2
cover.pdf 143.5Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record