Pengaruh Persepsi Saluran Pemasaran Terhadap Loyalitas Konsumen CV. Wikarta Sari Bandung

Widyatama Repository

Pengaruh Persepsi Saluran Pemasaran Terhadap Loyalitas Konsumen CV. Wikarta Sari Bandung

Show full item record

Title: Pengaruh Persepsi Saluran Pemasaran Terhadap Loyalitas Konsumen CV. Wikarta Sari Bandung
Author: Restu D., Deni
Abstract: Skripsi ini disusun oleh Deni Restu D. NRP. 02.03.319 dengan judul â Pengaruh Persepsi Saluran Pemasaran Terhadap Loyalitas Konsumen CV. Wikarta Sari Bandungâ . Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama Bandung 2007, di bimbingan Ibu Mariana Rachmawati, S.E., M.M. CV. Wikarta Sari merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi dan menjual berbagai macam bumbu masakan dengan merek Cap Pohon Mangga. CV. Wikarta Sari mengemban misi perusahaan yakni mempertahankan originalitas tradisional masakan Indonesia dan mengarahkan pemasaran dan pengembangan penjualan lebih menuju profesionalisme dan managerial. Saluran pemasaran merupakan salah satu bagian dari marketing mix, karena perusahaan tidak hanya menghasilkan barang dan jasa tetapi mencari jalan keluar untuk menyalurkan hasil produksinya agar dapat sampai ke tangan kosumen pada waktunya. Untuk itu CV. Wikarta Sari dalam melaksanakan saluran pemasarannya, perlu mempertimbangkan pergeseran tuntutan tersebut agar dapat mencapai pasar sasarannya dan memuaskan pelanggan, sehingga terbentuklah loyalitas pelanggan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan saluran pemasaran pada CV. Wikarta Sari Bandung, untuk mengetahui bagaimana tingkat loyalitas konsumen pada CV. Wikarta Sari Bandung, dan untuk mengetahui besar pengaruh saluran pemasaran terhadap loyalitas konsumen pada CV. Wikarta Sari Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif. Metode deskriptif adalah metode dalam meneliti status sekelompok manusia, suatu objek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran ataupun sekelompok kelas peristiwa pada masa sekarang. Sedangkan metode verifikatif yaitu metode yang mencari korelasi atau hubungan kausal (menanyakan apakah ada hubungan atau pengaruh terhadap objek yang diteliti). Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah penelitian kepustakaan guna memperoleh data skunder, serta penelitian lapangan guna memperoleh data primer dengan wawancara dan penyebaran kuesioner yang dibagikan kepada 89 responden. Berdasarkan hasil perhitungan kuesioner, dapat diketahui bahwa tanggapan responden terhadap saluran pemasaran adalah baik dengan nilai rata-rata 3,89 dan tanggapan responden terhadap loyalitas konsumen juga baik dengan nilai rata-rata sebesar 3,94. Selanjutnya perhitungan statistik terhadap variable X yaitu saluran pemasaran dan variable Y yaitu loyalitas konsumen diperoleh angka koefisien korelasi Rank Spearman sebesar 0,294 hal ini menunjukan bahwa pengaruh kedua variable cenderung rendah dan searah. Sedangkan nilai koefisien determinasi diperoleh sebesar 8,64% artinya loyalitas konsumen dipengaruhi oleh saluran pemasaran sebesar 8,64% dan sisanya sebesar 91,36% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis. Pada pengujian hipotesis dengan menggunakan distribusi t, diperoleh hasil t hitung > t tabel (2,869 > 1.665), dengan demikian hipotesis yang diajukan oleh penulis dapat diterima, yaitu saluran pemasaran mempunyai pengaruh positif terhadap loyalitas konsumen CV Wikarta Sari.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/795
Date: 2007-03


Files in this item

Files Size Format View Description
content 1.pdf 1.487Mb PDF View/Open content 1
content 2.pdf 875.0Kb PDF View/Open content 2
cover.pdf 108.1Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record