Pengaruh Sales Promotion Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Mobil Merek Toyota Avanza Pada PT. Wijaya Toyota Bandung.

Widyatama Repository

Pengaruh Sales Promotion Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Mobil Merek Toyota Avanza Pada PT. Wijaya Toyota Bandung.

Show full item record

Title: Pengaruh Sales Promotion Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Mobil Merek Toyota Avanza Pada PT. Wijaya Toyota Bandung.
Author: Septiana, Adhitriya
Abstract: PT. Wijaya Toyota sebagai dealer resmi mobil Toyota merupakan jaringan pemasaran PT. Wijaya Toyota adalah sebuah dealer mobil khusus Toyota yang merupakan jaringan pemasaran dan penjualan lokal di Bandung. PT. Wijaya Toyota memiliki beberapa macam model-model mobil merek Toyota yaitu Toyota Avanza, Toyota New Vios, Toyota Yaris, Toyota Camry, Toyota Innova, dan penulis memfokuskan pada mobil Toyota Avanza. PT. Wijaya Toyota menggunakan berbagai metode bauran promosi, seperti periklanan (advertising), penjualan perorangan (personal selling), promosi penjualan (sales promotion), publikasi (publisity), dan pemasaran langsung (direct marketing), tetapi penulis lebih memfokuskan kepada metode sales promotion. Sales promotion harus merupakan pembangunan hubungan konsumen, bukan sekadar menciptakan volume penjualan jangka pendek yang bersifat temporer, sales promotion perlu memperkuat posisi produk dan membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen. Atas dasar itulah penulis tertarik untuk menyusun skripsi dengan judul Pengaruh Sales Promotion Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Mobil Merek Toyota Avanza Pada PT. Wijaya Toyota Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan sales promotion yang dilaksanakan oleh PT. Wijaya Toyota Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan metode verifikatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah penelitian lapangan guna memperoleh data primer dengan observasi serta penelitian kepustakaan guna memperoleh data sekunder. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan dua variabel, yaitu variabel independen yang ditunjukkan oleh kegiatan sales promotion dan variabel dependen yang ditunjukkan oleh volume penjualan. Sedangkan analisis yang digunakan penulis adalah menggunakan perhitungan statistik sebagai alat hitung yaitu : uji regresi linier, analasis korelasi, analisis koefisien determinasi, dan analisis uji hipotesis t. Berdasarkan hasil perhitungan statsitik terhadap variabel X yaitu kegiatan sales promotion dan variabel Y yaitu volume penjualan diperoleh uji regresi linier (Y = 35.2+2.217X), artinya setiap kenaikan variabel X (kegiatan sales promotion) akan mengakibatkan variabel Y (volume penjualan) meningkat. Angka koefisien korelasi Pearson sebesar 0.779. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan kedua variabel kuat dan searah. Sedangkan nilai koefisien determinasi sebesar 60.70% artinya kegiatan sales promotion mempunyai kontribusi terhadap peningkatan volume penjualan mobil Toyota Avanza pada PT. Wijaya Toyota sebesar 60.70% dan sisanya sebesar 39.30% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak termasuk dalam kegiatan sales promotion. Setelah dilakukan pengujian hipotesis satu arah, diperoleh nilai t hitung > t tabel (4.812 > 1.753) jelas terlihat bahwa Ho ditolak dan Hi diterima, maka kegiatan sales promotion memiliki pengaruh yang positif dengan peningkatan volume penjualan mobil Toyota Avanza pada PT. Wijaya Toyota maka hipotesis yang diajukan penulis dapat diterima. Pelaksanaan kegiatan sales promotion yang telah baik ini hendaknya tetap dipertahankan di masa yang akan datang bahkan lebih ditingkatkan lagi agar konsumen merasa puas dan konsumen tidak lari ke perusahaan lain.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/794
Date: 2007-03


Files in this item

Files Size Format View Description
content 1.pdf 2.354Mb PDF View/Open content 1
content 2.pdf 630.2Kb PDF View/Open content 2
cover.pdf 300.2Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record