Pengaruh Pengembangan Produk Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Hakatek

Widyatama Repository

Pengaruh Pengembangan Produk Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Hakatek

Show full item record

Title: Pengaruh Pengembangan Produk Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Hakatek
Author: Karyono, Nina Kania
Abstract: Industri tekstil yang semakin bertambah kuantitas maupun kualitasnya pada masa sekarang ini menyebabkan timbulnya persaingan yang ketat, maka dari itu setiap perusahaan dituntut untuk kreatif dalam menghadapi persaingan dunia usaha dalam rangka memenuhi dan memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Salah satu caranya adalah melalui pengembangan produk yaitu perbaikan penyempurnaan, atau menghasilkan produk baru yang berbeda dalam usaha meningkatkan hasil penjualan. Pengembangan produk merupakan suatu hal yang penting bagi perusahaan untuk mempertahankan eksistensinya atau setidaknya dapat menjamin kelangsungan hidup perusahaan. Upaya pengembangan produk dan mengelola produk yang sudah ada untuk menghadapi keadaan yang berubah-ubah merupakan hal yang penting bagi keberhasilan setiap perusahaan. Berdasarkan pemikiran di atas, penulis mencoba melakukan penelitian pada PT. Hakatex dengan judul skripsi â PENGARUH PENGEMBANGAN PRODUK TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. HAKATEX.â Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui pelaksanaan pengembangan produk yang dilakukan oleh PT. Hakatex, dan untuk mengetahui volum penjualan pada PT. Hakatex, serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengembangan produk terhadap volume penjualan pada PT. Hakatex. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, pengumpulan data dari sumber tertulis dan studi kepustakaan sebagai landasan teori. Berdasarkan penelitan yang dilakukan penulis melakukan analisis koefisien pearson, koefisien determinasi dan uji hipotesis dengan metode deskriptif. Dari hasil koefisien determinasi diperoleh bahwa kontribusi pengembangan produk terhadap hasil penjualan sebesar 37,30%, sisanya sebesar 62,70% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diukur seperti penetapan harga dan distribusi dan yang lainnya yang dilakukan oleh perusahaan. Dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 2,437, dan ttabel = 1.812 yang berarti bahwa thitung lebih besar dari ttabel artinya terdapat hubungan yang kuat dan searah dalam mempengaruhi pengembangan produk terhadap volume penjualan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka penulis memiliki kesimpulan bahwa pengembangan produk dapat berpengaruh positif terhadap volume penjualan apabila pelaksanaan pengembangan produk tersebut dilaksanakan dengan baik.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/790
Date: 2008-03


Files in this item

Files Size Format View Description
content 1.pdf 2.137Mb PDF View/Open content 1
content 2.pdf 1.098Mb PDF View/Open content 2
cover.pdf 261.3Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record