Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Astra International Tbk.-Toyota (AUTO 2000) di Kota Bandung

Widyatama Repository

Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Astra International Tbk.-Toyota (AUTO 2000) di Kota Bandung

Show full item record

Title: Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Astra International Tbk.-Toyota (AUTO 2000) di Kota Bandung
Author: Wirawan, Winanto
Abstract: Dalam penelitian ini penulis mengambil judul â Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Astra International Tbk.-Toyota (AUTO 2000) di Kota Bandungâ . Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan CRM yang dilakukan PT. Astra International Tbk.-Toyota (AUTO 2000), untuk mengetahui tanggapan responden mengenai pelaksanaan CRM di PT. Astra International Tbk.-Toyota (AUTO 2000), untuk mengetahui tanggapan responden mengenai loyalitas pelanggan di PT. Astra International Tbk.-Toyota (AUTO 2000), dan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan CRM dalam membangun loyalitas pelanggan pada PT. Astra International Tbk.-Toyota (AUTO 2000). Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif. Metode deskriptif adalah suatu metode dalam meneliti status sekelompok manusia, suatu objek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran ataupun sekelompok kelas peristiwa pada masa sekarang. Sedangkan metode verifikatif yaitu metode yang mencari korelasi atau hubungan kausal (menanyakan apakah ada hubungan atau pengaruh terhadap objek yang diteliti). Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah penelitian kepustakaan guna memperoleh data skunder, serta penelitian lapangan guna memperoleh data primer dengan wawancara dan penyebaran kuesioner yang dibagikan kepada 90 responden. Berdasarkan hasil perhitungan kuesioner, dapat diketahui bahwa tanggapan responden terhadap pelaksanaan CRM di PT. Astra International Tbk.-Toyota (AUTO 2000) adalah baik dengan nilai rata-rata 3,97 dan tanggapan responden terhadap loyalitas pelanggan PT. Astra International Tbk.-Toyota (AUTO 2000) juga baik dengan nilai rata-rata sebesar 3,75. Selanjutnya perhitungan statistik terhadap variabel X yaitu pelaksanaan CRM dan variabel Y yaitu loyalitas pelanggan diperoleh angka koefisien korelasi Rank Spearman sebesar 0,471 hal ini menunjukan bahwa hubungan kedua variabel sedang dan searah. Sedangkan nilai koefisien determinasi diperoleh sebesar 22,1% artinya loyalitas pelanggan terhadap PT. Astra International Tbk.-Toyota (AUTO 2000) dipengaruhi oleh pelaksanaan CRM sebesar 22,2% dan sisanya sebesar 77,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis misalnya kualitas pelayanan, promosi penjualan, atribut produk, dan lain-lain. Pada pengujian hipotesis dengan uji signifikansi satu pihak, yaitu pihak kanan diperoleh nilai signifikansi (0,000) < α (0,05), jelas terlihat bahwa H0 ditolak dan H1 diterima atau hipotesis diterima, artinya bahwa pelaksanaan CRM berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan. Maka hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/789
Date: 2008-03


Files in this item

Files Size Format View Description
content 1.pdf 2.847Mb PDF View/Open content 1
content 2.pdf 1.454Mb PDF View/Open content 2
cover.pdf 69.19Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record