Pengaruh Saluran Distribusi terhadap Loyalitas Konsumen PT. Kawan Era Baru Bandung

Widyatama Repository

Pengaruh Saluran Distribusi terhadap Loyalitas Konsumen PT. Kawan Era Baru Bandung

Show full item record

Title: Pengaruh Saluran Distribusi terhadap Loyalitas Konsumen PT. Kawan Era Baru Bandung
Author: Nathalina, Wulan Ramadhini
Abstract: Persaingan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini berdampak pada persaingan dunia usaha yang semakin meningkat, baik perusahaan yang bergerak dibidang industri, perdagangan maupun jasa. Karena saat ini pelanggan memiliki tuntutan nilai yang jauh lebih besar dan beragam karena pelanggan dihadapkan pada berbagai pilihan berupa barang maupun jasa yang dapat mereka beli. Menciptakan posisi yang kuat dalam benak konsumen merupakan tujuan utama bagi suatu perusahaan, oleh karena itu dalam hal ini perusahaan harus mampu memperhatikan pemilihan saluran distribusi yang tepat, karena akan menciptakan kepuasan konsumen yang kemudian akan meningkatkan loyalitas konsumen yang tinggi terhadap perusahaan. Hal inilah yang ingin dicapai oleh PT. Kawan Era Baru selaku perusahaan yang bergerak dalam bidang pendistribusian. Atas dasar masalah tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul â Pengaruh Saluran Distribusi terhadap Loyalitas Konsumen PT. Kawan Era Baru Bandungâ . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan melalui survey dan wawancara, yaitu membahas masalah dengan cara memaparkan, menuliskan suatu keadaan atau peristiwa atau keadaan untuk kemudian dianalisis serta diambil keputusan. Penelitian ini menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpul data yang pokok. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah penelitian kepustakaan untuk memperoleh data sekunder, serta penelitian lapangan untuk memperoleh data primer dengan wawancara, dan penyebaran angket. Teknik pengambilan sampel Random Sampling. Penulis mengambil sampel sebanyak 80 Responden. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi Rank Spearman sebesar 0,82, artinya terdapat hubungan yang sangat kuat antara variabel saluran distribusi dengan variabel loyalitas konsumen PT. Kawan Era Baru. Besarnya pengaruh saluran distribusi terhadap loyalitas konsumen adalah sebesar 67,24%, sedang sisanya sebesar 32,76% dipengaruhi faktor-faktor lain, misalnya : harga, karakteristik pembeli, promosi, dan lain-lain. Sedangkan nilai uji signifikan t adalah thitung = 17,78 > ttabel = 1,667, sehingga H0 ditolak, Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa saluran distribusi mempunyai pengaruh positif terhadap loyalitas konsumen. Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan pada yaitu: â Saluran Distribusi yang dilakukan oleh PT. Kawan Era Baru Bandung mempunyai pengaruh yang besar dan positif terhadap Loyalitas pelangganâ , dapat diterima. Berdasarkan penelitian, penulis menyarankan agar PT. Kawan Era Baru dalam meningkatkan loyalitas konsumen, perlu adanya peningkatan dalam hal mempromosikan produk-produk kepada teman relasi atau keluarga dengan adanya reward atau hadiah bagi pelanggan yang membawa konsumen baru,agar dapat menciptakan Loyalitas Konsumen.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/787
Date: 2008-02


Files in this item

Files Size Format View Description
content 1.pdf 2.348Mb PDF View/Open content 1
content 2.pdf 761.8Kb PDF View/Open content 2
cover.pdf 431.2Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record