Pengaruh Penayangan Iklan Telkom Flexi Di Televisi Terhadap Minat Beli Konsumen

Widyatama Repository

Pengaruh Penayangan Iklan Telkom Flexi Di Televisi Terhadap Minat Beli Konsumen

Show full item record

Title: Pengaruh Penayangan Iklan Telkom Flexi Di Televisi Terhadap Minat Beli Konsumen
Author: Wijayanti, Rahmi
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara penayangan iklan Telkom Flexi di televisi dengan minat beli konsumen. Periklanan sebagai salah satu program pemasaran merupakan kekuatan komunikasi yang akan mengarahkan konsumennya lewat tahapan-tahapan perhatian, minat, keinginan, dan tindakan untuk melakukan pembelian. Periklanan yang baik, selanjutnya akan berpengaruh terhadap minat beli konsumen, demikian juga dengan iklan Telkom Flexi yang ditayangkan di televisi. Sedangkan tujuan diadakannya periklanan tersebut adalah untuk meningkatkan pengguna jasa layanan komunikasi pada Telkom Flexi dari PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk dan membentuk kesan sebagai perusahaan yang memiliki keunggulan teknologi. Identifikasi masalah dalam penelitian ini, pertama adalah bagaimana persepsi konsumen terhadap iklan Telkom Flexi di televisi. Kedua, bagaimana minat beli konsumen terhadap produk Telkom Flexi. Dan yang ketiga, bagaimana pengaruh iklan Telkom Flexi di televisi terhadap minat beli konsumen. Metode penelitian yang digunakan untuk mengetahui pengaruh antara variabel X (penayangan iklan Telkom Flexi di televisi) dengan variabel Y (minat beli konsumen) adalah metode deskriptif, yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih (independen) tanpa membuat perbandingan, atau menghubungkan dengan variabel lain. Untuk meneliti pengaruh kedua variabel diatas digunakan koefisien korelasi rank spearman (rs). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penayangan iklan Telkom Flexi di televisi dan minat beli konsumen mempunyai korelasi sedang/positif/searah sebesar 0,57 dan pengaruh penayangan iklan Telkom Flexi di televisi terhadap minat beli konsumen yaitu sebesar 32,49%. Berdasarkan hasil hipotesis dapat diketahui Ho ditolak dan Ha diterima. Karena Zhitung > Ztabel maka dapat disimpulkan bahwa memang benar ada pengaruh antara penayangan iklan Telkom Flexi di televisi dengan minat beli konsumen.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/784
Date: 2008-03


Files in this item

Files Size Format View Description
content 1.pdf 2.862Mb PDF View/Open content 1
content 2.pdf 711.5Kb PDF View/Open content 2
cover.pdf 418.0Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record