Pengaruh Atribut Produk Tabungan Jabar Okey Terhadap Loyalitas Nasabah PT Bank Jabar Cabang Utama Bandung

Widyatama Repository

Pengaruh Atribut Produk Tabungan Jabar Okey Terhadap Loyalitas Nasabah PT Bank Jabar Cabang Utama Bandung

Show full item record

Title: Pengaruh Atribut Produk Tabungan Jabar Okey Terhadap Loyalitas Nasabah PT Bank Jabar Cabang Utama Bandung
Author: Kusumah, Andri Priyadi
Abstract: Skripsi ini disusun oleh Andri Priyadi Kusumah NRP. 02.03.035 dengan judul â Pengaruh Atribut Produk Tabungan Jabar Okey Terhadap Loyalitas Nasabah PT Bank Jabar Cabang Utama Bandungâ . Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama Bandung 2008, di bawah bimbingan Ibu Sri Wiludjeng, S.P., S.E.,M.P. PT Bank Jabar adalah salah satu Bank Pembangunan Daerah yang terbesar di Jawa Barat dan dengan jumlah nasabah lebih dari 10.000 nasabah yang tersebar seluruh penjuru JawaBarat. PT Bank Jabar menawarkan berbagai macam atribut produk dan jasa. Sangat disadari bahwa atribut produk akan sangat berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Dengan mengetahui pentingnya atribut-atribut mana yang diharapkan oleh nasabah serta dengan mengetahui sejauh mana atribut produk yang ditetapkan perusahaan sesuai dengan apa yang diharapkan para nasabahnya, maka perusahaan diharapkan dapat mengetahui dengan cara apa ia dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan nasabahnya bahkan sekaligus meningkatkan loyalitas nasabahnya. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Metode deskriptif adalah suatu metode dalam meneliti status sekelompok manusia, suatu objek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran ataupun sekelompok kelas peristiwa pada masa sekarang Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah Angket (Quisioner), yaitu teknik pengumpulan data melalui penyebaran seperangkat daftar pertanyaan tertulis kepada responden yang menjadi anggota sample penelitian, dengan jumlah responden sebanyak 100 responden. Berdasarkan hasil perhitungan kuesioner, dapat diketahui bahwa tanggapan responden terhadap pengaruh atribut produk adalah baik dengan nilai rata-rata 3,99 dan tanggapan responden terhadap loyalitas nasabah adalah tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 3,70. Selanjutnya perhitungan statistik terhadap variable X yaitu atribut produk dan variable Y yaitu loyalitas nasabah diperoleh angka koefisien korelasi Rank Spearman sebesar 0,55 hal ini menunjukan bahwa hubungan kedua variable kuat dan searah. Sedangkan nilai koefisien determinasi diperoleh sebesar 30,25% artinya loyalitas nasabah dipengaruhi oleh atribut produk sebesar 30,25% dan sisanya sebesar 69,75% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis misalnya promosi,kondisi ekonomi, kebijakan pemerintah, dan lain-lain. Pada pengujian distribusi t, diperoleh hasil t hitung > t tabel = 6,5197 > 1,663. Jadi disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, artinya pelaksanaan atribut produk Tabungan Jabar Okey mempunyai pengaruh positif terhadap loyalitas nasabah PT Bank Jabar Cabang Utama Bandung Kesimpulan yang diperoleh, bahwa pengaruh atribut produk Tabungan Jabar Okey terhadap loyalitas nasabah PT Bank Jabar Cabang Utama Bandung adalah kuat. Tetapi sebaiknya pihak Bank harus dapat meningkatkan faktor kualitas kinerja, pelayanan, fasilitas, promosi sehingga nasabah tetap loyal terhadap Bank Jabar.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/783
Date: 2008-03


Files in this item

Files Size Format View Description
content 1.pdf 1.301Mb PDF View/Open content 1
content 2.pdf 963.1Kb PDF View/Open content 2
cover.pdf 127.1Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record