Peranan Pengembangan Produk Jaket dalam Meningkatkan Volume Penjualan di Perusahaan O-Line Bandung

Widyatama Repository

Peranan Pengembangan Produk Jaket dalam Meningkatkan Volume Penjualan di Perusahaan O-Line Bandung

Show full item record

Title: Peranan Pengembangan Produk Jaket dalam Meningkatkan Volume Penjualan di Perusahaan O-Line Bandung
Author: Nugraha, Harry
Abstract: Skripsi ini disusun Harry Nugraha, dengan judul skripsi â Peranan Pengembangan Produk Jaket dalam Meningkatkan Volume Penjualan di Perusahaan O-Line Bandungâ Lokasi penelitian dilakukan pada Perusahaan On-Line yang berlokasi di Jalan Cibaduyut Raya Bandung dengan dosen pembimbing Ibu Sri Wiludjeng S.P.,S.E., M.P. Perusahaan On-Line bergerak di bidang usaha pakaian. Tujuan penelitian yang dilakukan pada Perusahaan On-Line adalah untuk mengetahui tahap-tahap pengembangan produk apa saja yang dilakukan, untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong dalam melakukan pengembangan produk, serta untuk mengetahui berapa besar peranan pengembangan produk dalam meningkatkan volume penjualan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tahap-tahap pengembangan produk yang dilakukan oleh Perusahaan On-Line adalah: (a) Pencarian ide. (b) Penyaringan ide. (c) Pengembangan dan Pengujian konsep. (d) Pengembangan strategi pemasaran. (e) Analisis bisnis. (f) Pengembangan produk. (g) Pengujian pasar. (h) Komersialisasi. Sedangkan faktor-faktor yang mendorong dalam melakukan pengembangan produk adalah (a) Persaingan. (b) Perubahan setiap konsep mode. (c) Teknologi untuk melakukan pengembangan produk. (d) Kapasitas produksi yang berlebih. (e) Teknologi informasi. (f) Adanya departemen R&D. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi Pearson yang didukung dengan analisis koefisien determinasi, serta untuk mengetahui signifikan nilai korelasi dilakukan uji hipotesis (uji t) satu pihak. Hasil yang didapat dari analisis korelasi Pearson dapat diketahui bahwa nilai r = 0,9067 yang menunjukan hubungan yang cenderung sangat kuat dan searah. Hal tersebut mengandung arti bahwa peningkatan biaya pengembangan produk akan meningkatkan volume penjualan, begitu juga sebaliknya. Berdasarkan perhitungan analisis koefisien determinasi diperoleh hasil sebesar kd = 82,21%, artinya pengaruh pengembangan produk terhadap volume penjualan adalah sebesar 82,21% dan sisanya 17,79% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diteliti oleh penulis. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis dengan tingkat kekeliruan (α) sebesar 0,05 diperoleh hasil di mana t hitung = 3,279 sedangkan t table = 2,353 dengan demikian t hitung > t tabel, maka Ho ditolak. Kesimpulannya : kegiatan pengembangan produk mempunyai peranan dalam meningkatkan volume penjualan. Dengan demikian hipotesis yang diajukan yaitu: â Aktivitas pengembangan produk mempunyai pengaruh yang positif terhadap volume penjualanâ , diterima. Saran Penulis berdasarkan penelitian dan hasil pembahasan serta kesimpulan yang diperoleh, maka saran yang dikemukan sebagai berikut Perusahaan On-Line sebaiknya melakukan sistem Intelijen Pemasaran seperti: membeli produk pesaing, atau melakukan penbicaraan dengan konsumen, pemasok, distributor, dan pihak luar lainnya, yang dilakukan secara rutin, agar perusahaan dapat memperoleh informasi tentang produk yang sedang dibutuhkan oleh konsumen.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/777
Date: 2007-12


Files in this item

Files Size Format View Description
content 1.pdf 2.920Mb PDF View/Open content 1
content 2.pdf 1.380Mb PDF View/Open content 2
cover.pdf 225.4Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record