Pengaruh Sebelum Dan Setelah Penerapan Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Kasus Terhadap PT. TELKOM)

Widyatama Repository

Pengaruh Sebelum Dan Setelah Penerapan Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Kasus Terhadap PT. TELKOM)

Show full item record

Title: Pengaruh Sebelum Dan Setelah Penerapan Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Kasus Terhadap PT. TELKOM)
Author: Tresnawati, Rina;
Abstract: Perkembangan dalam dunia bisnis secara global telah diikuti oleh peningkatan kesadaran publik akan tanggungjawab perusahaan, terutama dalam 40 tahun terakhir. Indikator keberhasilan perusahaan dalam memenangkan persaingan di dalam dunia bisnis adalah profit dan pertumbuhan. Kini perusahaan tidak hanya bertujuan mencapai profit dan pertumbuhan, tetapi juga keberlangsungan dimana untuk mencapainya, perusahaan dituntut untuk menunjukkan rasa tanggungjawab dan kepedulian terhadap isu-isu sosial baik di dalam perusahaan maupun yang berkembang di dalam masyarakat. Untuk mencapai keberlangsungan (sustainability), lahirlah konsep yang dikenal sebagai Corporate Social Responsibility (CSR). Dimana CSR merupakan suatu konsep terintegrasi yang menggabungkan aspek bisnis dan sosial dengan selaras agar perusahaan dapat membantu tercapainya kesejahteraan stakeholders, serta dapat mencapai profit yang maksimum yang dapat meningkatkan harga saham. Objek penelitian ini adalah laporan keuangan PT. TELKOM khususnya Laporan Keuangan Laba Rugi dan Neraca, serta implementasi kegiatan CSR di dalam PT. TELKOM. Laporan Keuangan Laba Rugi dan Neraca yang digunakan adalah sebayak 10 tahun, yaitu 5 tahun (tahun 1997-2001) untuk menghitung rata-rata profitabilitas sebelum penerapan CSR, dan 5 tahun (tahun 2002-2006) untuk menghitung rata-rata profitabilitas setelah penerapan CSR. Bagian yang menjadi pokok bahasan penelitian ini yaitu adakah pengaruh dengan diterapkannya CSR di dalam perusahaan, terhadap tingkat profitabilitas perusahaan tersebut. Dengan pokok bahasan tersebut, maka di ambil hipotesis yaitu, â Terdapat pengaruh yang signifikan dengan diterapkannya program corporate social responsibility (CSR) terhadap profitabilitas perusahaan.â Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkan data laporan keuangan dari tahun 1997 sampai dengan tahun 2006 dan data-data lainnya, serta melakukan wawancara terhadap Kepala Bagian Keuangan dan Kepala Bagian Community Development Center (CDC). Data tersebut dianalisis secara kuantitatif, dengan menggunakan statistik parametrik (uji beda), yang kemudian dilakukan uji hipotesis (uji t). Uji hipotesis dimaksudkan untuk mengetahui apakah program CSR yang dilakukan perusahaan membawa dampak yang positif terhadap profitabilitas perusahaan. Berdasarkan uji beda dan uji t dalam tingkat signifikan (α) 0.05 atau tingkat kepercayaan 95 %, dapat dibuktikan bahwa program kegiatan CSR mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap profitabilitas perusahaan dengan kata lain CSR mampu mendorong tingkat profitabilitas perusahaan. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa rata-rata profitabilitas perusahaan (diukur menggunakan ROA) sebelum penerapan CSR sebesar 7,90% sedangkan setelah penerapan CSR sebesar 13,91%. Jadi persentase kenaikan profitabilitas (yang diukur menggunakan ROA) adalah sebesar 27,55%.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/770
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View Description
content 1.pdf 2.007Mb PDF View/Open content 1
content 2.pdf 1.059Mb PDF View/Open content 2
cover.pdf 249.8Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record