Pengaruh Pengendalian Intern Atas Prosedur Kredit Terhadap Faktor Penyebab Kredit Macet ( Studi Kasus Pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk Cabang Purwakarta)

Widyatama Repository

Pengaruh Pengendalian Intern Atas Prosedur Kredit Terhadap Faktor Penyebab Kredit Macet ( Studi Kasus Pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk Cabang Purwakarta)

Show full item record

Title: Pengaruh Pengendalian Intern Atas Prosedur Kredit Terhadap Faktor Penyebab Kredit Macet ( Studi Kasus Pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk Cabang Purwakarta)
Author: Widiani, Widi
Abstract: Permasalahan pada dunia perbankan yang sering terdengar dewasa ini adalah banyaknya kasus kredit yang bermasalah. Di berbagai media masa akhir-akhir ini banyak sekali diberitakan ditangkap dan dituntutnya Direktur Utama bank dan beberapa anggota direksi lainnya dengan tuduhan memberikan kredit kepada para debiturnya secara tidak layak sehingga memberikan risiko kerugian kepada bank yang sangat besar. Kredit adalah kegiatan operasional terpenting dalam kegiatan operasi bank, dimana perkreditan memiliki nilai aset terbesar jika dibandingkan dengan kegiatan operasional bank yang lain, oleh kerena itu memang sudah sepantasnya bila bank memberikan perhatian yang lebih kepada kegiatan perkreditan Oleh kerena itu memang sudah sepantasnya bila bank memberikan perhatian yang lebih kepada kegiatan perkreditan dengan melakukan pengawasan pada bidang perkreditan tersebut, karena kredit yang bermasalah terutama kredit macet akan menjadi ancaman jika pihak perbankan tidak dengan segera mengambil langkah penyelesaiannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pengendalian intern atas prosedur kredit terhadapfaktor penyebab kredit macet. Objek dari penenlitian yang penulis lakukan adalah pengendalian intern atas prosedur kredit dan faktor penyebab kredit macet. Adapun penelitian ini dilakukan pada PT.Bank Mandiri (Persero) Tbk, cabang Purwakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis yaitu suatu metode yang dapat digunakan untuk meneliti sekelompok manusia, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Data yang diperoleh berasal dari hasil wawancara dengan pegawai yang berhubungan dengan perkreditan serta dari hasil penyebaran kuesioner kepada para pegawai bagian perkreditan. Hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah â pengendalian intern atas perosedur kredit memiliki pengaruh terhadap faktor penyebab kredit macetâ . Hasil penelitian menunjukan bahwa Bank Mandiri memiliki pengendalian intern atas prosedur kredit yang sangat baik serta dapat menekan dan mengatasi faktor penyebab kredit macet. Dan pengendalian intern atas prosedur kredit memiliki pengaruh terhadap faktor penyebab kredit macet sebesar 49,20 %. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, simpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah bahwa pengendalian intern atas prosedur kredit berpengaruh terhadap faktor penyebab kredit macet. Jika bank memiliki suatu pengendalian intern yang baik maka faktor penyebab kredit macet akan rendah dan dapat diatasi. Sehubungan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka hipotesis yang semula diajukan oleh penulis dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/767
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View Description
content 1.pdf 1.754Mb PDF View/Open content 1
content 2.pdf 658.8Kb PDF View/Open content 2
cover.pdf 25.02Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record