Pengaruh Tingkat Kecukupan Modal (CAR) dan Likuiditas (LDR) Terhadap Profitabilitas (ROA) pada Bank ( Studi survey pada Bank Pemerintah dan Bank Swasta yang Listing di BEJ )

Widyatama Repository

Pengaruh Tingkat Kecukupan Modal (CAR) dan Likuiditas (LDR) Terhadap Profitabilitas (ROA) pada Bank ( Studi survey pada Bank Pemerintah dan Bank Swasta yang Listing di BEJ )

Show full item record

Title: Pengaruh Tingkat Kecukupan Modal (CAR) dan Likuiditas (LDR) Terhadap Profitabilitas (ROA) pada Bank ( Studi survey pada Bank Pemerintah dan Bank Swasta yang Listing di BEJ )
Author: Astuti, Fitria
Abstract: Rasio Kecukupan Modal atau Capital Adequacy Ratio (CAR) merupakan alat pengukur atau penilai kinerja bank, dengan mengetahui CAR suatu bank maka dapat diketahui kinerja bank yang bersangkutan. CAR dapat pula sebagai penilai permodalan dalam suatu bank karena modal merupakan faktor yang penting bagi bank dalam rangka pengembangan usahanya sehingga CAR dapat dijadikan sebagai alat penilaian untuk pengambilan keputusan investasi bagi bank yang mengeluarkan saham melalui kondisi dan prestasi keuangan bank yang tercermin dalam laporan keuangannya. Begitu pentingnya modal bagi Bank, maka pengelola seringkali dihadapkan pada pilihan untuk memenuhi dan menjaga kecukupan modalnya, karena modal merupakan faktor penting dalam pengembangan usaha dan menampung kerugian. Hal inilah yang menyebabkan Bank kurang leluasa dalam memberikan pinjaman, padahal pemberian pinjaman kepada masyarakan merupakan salah satu pendapatan terbesar bagi Bank itu sendiri. Melihat kenyataan ini maka apabila modal yang dimiliki Bank besar maka kemampuan Bank dalam menyalurkan pinjaman juga besar sehingga kemampuannya untuk menciptakan laba juga bertambah. .Penelitian ini berjudul â Pengaruh Tingkat Kecukupan Modal (CAR) dan Likuiditas (LDR) Terhadap Profitabilitas (ROA) pada Bank.â Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh tingkat kecukupan modal dan likuiditas terhadap profitabilitas bank. Metode yang digunakan adalah metode asosiatif analisis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survey. Bank-bank yang menjadi objek penelitian ini adalah empat bank yang telah ditunjuk Bank Indonesia sebagai Bank Pemerintah dan Bank yang dimiliki oleh swasta. Media yang digunakan dalam memperoleh Laporan Keuangan masing-masing bank adalah melalui jasa Pojok BEJ Institut Teknologi Bandung (ITB). Data yang digunakan adalah rasio CAR, LDR dan Profitabilitas (ROA) tahun 2001-2006. Untukmemperkuat hasil analisis dalam penelitian ini digunakan pula statistik uji f. Dalam perhitungan analisis tingkat Kecukupan Modal (CAR) merupakan variabel independen (X1 ) dan Likuiditas merupakan variabel independen (X2 ), sedangkan Tingkat Profitabilitas Bank merupakan variabel dependen (Y). Dari hasil perhitungan, diperoleh persamaan regresi sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat Kecukupan Modal (CAR) dan Likuiditas (LDR) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap tingkat Profitabilitas (ROA) Bank.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/766
Date: 2008-03


Files in this item

Files Size Format View Description
content 1.pdf 1.275Mb PDF View/Open content 1
content 2.pdf 1.967Mb PDF View/Open content 2
cover.pdf 71.00Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record