Fungsi Badan Pengawasan Daerah Dalam Peningkatan Pendapatan Retribusi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Pada Dinas Permukiman dan Prasarana Kabupaten Majalengka (Studi Kasus pada Badan Pengawasan Daerah Kabupaten Majalengka)

Widyatama Repository

Fungsi Badan Pengawasan Daerah Dalam Peningkatan Pendapatan Retribusi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Pada Dinas Permukiman dan Prasarana Kabupaten Majalengka (Studi Kasus pada Badan Pengawasan Daerah Kabupaten Majalengka)

Show full item record

Title: Fungsi Badan Pengawasan Daerah Dalam Peningkatan Pendapatan Retribusi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Pada Dinas Permukiman dan Prasarana Kabupaten Majalengka (Studi Kasus pada Badan Pengawasan Daerah Kabupaten Majalengka)
Author: Ratnawati, Widia
Abstract: Pengeluaran keuangan Negara dari tahun ke tahun meningkat sehingga tugas-tugas utama pemerintahan dan pembangunan semakin berat. Untuk itu perlu adanya pengawasan atas pelaksanaan kegiatan pemerintah agar dapat tercapainya hasil pembangunan yang efisien, ekonomis, dan efektif. Pemerintah telah melakukan berbagai usaha untuk menegakan disiplin aparatur pemerintah dan menanggulangi penyalahgunaan wewenang dan bentuk penyelewengan lainnya, seperti Korupsi, Kolusi, Nepotisme, kebocoran serta pemborosan kekayaan dan keuangan Negara, maka agar sesuai dengan rencana yang diinginkan perlu adanya suatu pengawasan atas penyelenggaraan pemerintah daerah sesuai dengan Peraturan Pemerintah. Pengawasan ini dilakukan oleh aparat pengawas secara fungsional, yang selanjutnya disebut sebagai Badan Pengawasan Daerah (BAWASDA). Dalam penulisan skripsi ini, yang menjadi objek penelitian bagi penulis adalah fungsi Badan Pengawasan Daerah dalam peningkatan pendapatan retribusi izin mendirikan bangunan pada Dinas Permukiman dan Prasarana Kabupaten Majalengka. Pada penelitian ini penulis melakukan studi kasus dengan menggunakan metode penelitian deskriptif, hasil analisis data dan pengujian hipotesis dilakukan dengan mengolah data dari kuesioner yang disebarkan kepada 16 orang pejabat dan staf pada Badan Pengawasan Daerah. Dari hasil analisis data dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa Fungsi Badan Pengawasan Daerah dapat meningkatkan pendapatan retribusi izin mendirikan bangunan (IMB) pada Dinas Permukiman dan Prasarana Kabupaten Majalengka. Hal tersebut terlihat dari hasil penelitian dan perhitungan koefisien kolerasi Rank Spearman, yaitu besarnya hitung = 0,66 lebih besar dibandingkan tabel = 0,506 ( 0,66 > 0,506 ) dengan n = 16 dan = 0,05.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/765
Date: 2008-02


Files in this item

Files Size Format View Description
content 1.pdf 1.091Mb PDF View/Open content 1
content 2.pdf 676.2Kb PDF View/Open content 2
cover.pdf 67.69Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record