Pengaruh Persepsi Manager Mengenai Audit Internal Terhadap Kinerja Auditor Internal (Studi Kasus pada Universitas Widyatama)

Widyatama Repository

Pengaruh Persepsi Manager Mengenai Audit Internal Terhadap Kinerja Auditor Internal (Studi Kasus pada Universitas Widyatama)

Show full item record

Title: Pengaruh Persepsi Manager Mengenai Audit Internal Terhadap Kinerja Auditor Internal (Studi Kasus pada Universitas Widyatama)
Author: Aryawan, R.Maulana Prima
Abstract: Penelitian ini menyangkut persepsi para manajer mengenai fungsi internal audit serta dampak/pengaruhnya terhadap kinerja auditor. Tujuan penelitian adalah mengetahui efektivitas pelaksanaan audit internal, mengetahui persepsi para manager terhadap fungsi audit internal, mengetahui kinerja fungsi audit internal , serta mengetahui pengaruh ataupun dampak persepsi manager tersebut terhadap kinerja fungsi internal auditor di Universitas Widyatama. Penelitian dilakukan terhadap Universitas Widyatama Bandung sebagai objek penelitian. Dengan demikian, penelitian dilakukan melalui studi kasus dalam institusi tersebut. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka dan studi lapangan. Studi lapangan dilakukan melalui pengumpulan dokumen-dokumen serta wawancara dengan para manajer dilingkungan Universitas baik kepada para pejabat akademik maupun administratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari segi organisasi dan prosesnya, pelaksanaan audit internal di Widyatama telah cukup efektif. Hal ini tampak dari telah terbentuknya unit organisasi SPI dan tim Auditor Mutu Internal yang kompeten serta dari letak organisasinya telah independent. Proses audit dimulai dari penyusunan program kerja, pelaksanaan audit, pelaporan serta tindak lanjutnya telah dilaksanakan. Kelemahan yang masih terjadi dalam proses audit adalah menyangkut tidak terlaksananya pelaksanaan audit sesuai jadwal yang ditentukan. Persepsi para manager terhadap fungsi audit internal di lingkungan Universitas Widyatama masih dipengaruhi oleh paradigma lama yaitu sebagai watchdog, sebagai kepanjangan tangan pimpinan dan pencari kesalahan. Namun demikian, persepsi manajer mengenai hal ini tidak terlalu tinggi intensitasnya. Persepsi para manajer terhadap fungsi internal audit telah mengarah sebagai mitra/konsultan, sebagai risk manager dan sebagai catalist governance. Namun demikian masih diperlukan berbagai upaya agar persepsi manajer terhadap fungsi audit internal semakin bergeser atau mengarah pada paradigma baru tersebut. Kinerja internal auditor telah tampak dalam pelaksanaan proses internal audit. Fungsi inernal audit telah dirasakan dalam memberikan bantuan kepada auditee untuk menyelesaikan temuan-temuannya, memberikan bantuan dalam percepatan tindakan perbaikan, serta memberikan nilai tambah kepada organisasi, karyawan, dan dalam rangka menghadapi auditor eksternal. Pengaruh Persepsi Para Manajer Mengenai Audit Internal Terhadap Kinerja Auditor Internal di Universitas Widyatama masih belum tinggi. Hal ini kemungkinan terjadi karena kurang intensifnya komunikasi antara auditor dengan auditee.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/764
Date: 2008-09


Files in this item

Files Size Format View Description
content 1.pdf 2.129Mb PDF View/Open content 1
content 2.pdf 1.703Mb PDF View/Open content 2
cover.pdf 240.0Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record