Peranan Audit Internal Dalam Kegiatan Penjualan Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Intern Penjualan ( Studi survey pada Beberapa Perusahaan BUMN di Bandung )

Widyatama Repository

Peranan Audit Internal Dalam Kegiatan Penjualan Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Intern Penjualan ( Studi survey pada Beberapa Perusahaan BUMN di Bandung )

Show full item record

Title: Peranan Audit Internal Dalam Kegiatan Penjualan Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Intern Penjualan ( Studi survey pada Beberapa Perusahaan BUMN di Bandung )
Author: Siahaan, Nofa
Abstract: Salah satu komponen yang mempengaruhi tinginya persaingan yang terjadi didunia usaha adalah kegiatan penjualan. Oleh karena itu, sangatlah perlu bagi perusahaan untuk melakukan pengendalian penjualan dan dalam suatu penglolaan suatu perusahaan diharapkan adanya kepengurusan yang baik agar kelangsungan hidup dipertahankan. Bagi perusahaan, penjulan merupakan yang sangat penting dan harus dikendalikan, karena penjualan merupakan bidang yang dinamis dengan kondisi yang berubah-ubah. Dari penjualan tersebut, maka perusahaan akan mendapatkan hasil yang akan digunakan untuk menutupi biaya operasi dan sebagian lagi untuk melakukan pengembangan bagi kelangsungan hidup perusahaan dan juga untuk memperoleh laba.. Dalam penyusunan skripsi ini penulis menggunakan metode analisis deskriptif, yaitu metode yang membandingkan antara hasil yang diperoleh dari penelitian langsung dengan teori-teori dari penelitian kepustakaan, selanjutnya membuat analisis, mengambil kesimpulan dan memberikan saran-saran. Penulis menggunakan teknik pengumpulan dengan penelitian lapangan (field research), yaitu dengan melakukan wawancara, observasi, kuesioner, dokumen serta penelitian kepustakaan (library research) yaitu dengan melaksanakan pengumpulan teori-teori yang berhubungan dengan penelitian dan pembahasan skripsi. Dalam menilai penerapan audit internal penulis menggunakan kuesioner, seluruh atas jawaban kuesioner tersebut menunjukkan adanya kekuatan dan kelemahan atas pengendalian intern yang ada dalam perusahaan sampai diambilnya kesimpulan apakah audit internal dilaksanakan secara memadai, sehingga menunjang efektivitas pengendalian intern atas penjualan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa audit internal telah dilaksanakan dengan memadai dan demikian pula dengan pengendalian intern atas penjualan telah efktif. Maka dengan demikian, audit internal memiliki peranan dalam menunjang efektivitas pengendalian penjualan. Sehingga hipotesis yang penulis tetapkan yaitu â Bila audit internal dilaksanakan dengan memadai akan menunjang efektivitas pengendalian internal penjualanâ , dapat diiterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/760
Date: 2008-03


Files in this item

Files Size Format View Description
content 1.pdf 1.494Mb PDF View/Open content 1
content 2.pdf 1.444Mb PDF View/Open content 2
cover.pdf 58.28Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record