Pengaruh Audit Internal Terhadap Peningkatan Good Corporate Governance (Studi kasus pada PT Perkebunan Nusantara VIII (Persero))

Widyatama Repository

Pengaruh Audit Internal Terhadap Peningkatan Good Corporate Governance (Studi kasus pada PT Perkebunan Nusantara VIII (Persero))

Show full item record

Title: Pengaruh Audit Internal Terhadap Peningkatan Good Corporate Governance (Studi kasus pada PT Perkebunan Nusantara VIII (Persero))
Author: Sunjaya, Angga Nugraha
Abstract: Audit Internal meliputi memastikan, mengevaluasi, merekomendasi dan internal business consultant, sedangkan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance) dapat diartikan sebagai suatu struktur dan proses yang digunakan oleh organ perusahaan guna meningkatkan nilai perusahaan dan pemegang saham secara berkesinambungan dengan memperhatikan kepentingan stakeholders lainnya, berlandaskan peraturan dan perundangan serta norma-norma yang berlaku. Penelitian ini dilakukan pada PT Perkebunan Nusantara VIII (PTPN VIII). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan audit internal, good corporate governance yang diterapkan, dan pengaruh audit internal terhadap good corporate governance. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian korelasional merupakan tipe penelitian dengan karakteristik masalah berupa hubungan korelasional antara dua variabel atau lebih. Tujuan penelitian korelasional adalah untuk menentukan ada atau tidaknya korelasi antara dua variabel atau membuat prediksi berdasarkan korelasi antar variabel. Dalam pengujian hipotesis digunakan metode korelasi Rank Spearman. Hasil pengujian hipotesis dengan korelasi Rank Spearman menunjukkan adanya pengaruh antara audit internal (Variabel X) dengan good corporate governance (Variabel Y), sebesar 0,6607. Pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh nilai t hitung = 2,77 yang berarti lebih besar dari t tabel (5%: 12) = 1,782. Berdasarkan hasil tersebut maka hipotesis nol (Ho) ditolak dengan taraf signifikansi = 5%. Jadi hipotesis yang penulis kemukakan, yaitu: Audit Internal yang memadai berpengaruh terhadap peningkatan good corporate governance , dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/758
Date: 2008-03


Files in this item

Files Size Format View Description
content 1.pdf 13.99Mb PDF View/Open content 1
content 2.pdf 8.392Mb PDF View/Open content 2
cover.pdf 51.48Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record