Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Oleh Senior Auditor Terhadap Kinerja Junior Auditor (Survei pada 17 Kantor Akuntan Publik di Bandung)

Widyatama Repository

Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Oleh Senior Auditor Terhadap Kinerja Junior Auditor (Survei pada 17 Kantor Akuntan Publik di Bandung)

Show full item record

Title: Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Oleh Senior Auditor Terhadap Kinerja Junior Auditor (Survei pada 17 Kantor Akuntan Publik di Bandung)
Author: Djohari, Galih Putri
Abstract: Laporan keuangan yang telah diaudit ini akan menjadi dasar dalam pengambilan keputusan oleh berbagai pihak yang berkepentingan terhadap perusahaan, seperti : investor, kreditur, bank, pemerintah dan perusahaan itu sendiri. Dalam hal ini akuntan publik harus dapat menunjukkan bahwa jasa audit yang diberikan adalah berkualitas, dapat diandalkan, dipercaya dan memenuhi kebutuhan penggunaan jasa akuntan publik dalam dunia usaha yang yang semakin kompetitif. Penyediaan/pemenuhan kebutuhan SDM (personel KAP) merupakan permasalahan yang tidak mudah, karena kualifikasi yang dimiliki akuntan pemula berbeda. Oleh karena itu auditor yang berpengalaman harus melakukan supervisi secara baik terhadap anggota yang belum berpengalaman dalam audit. Tanggung jawab supervisi ini harus diantisipasi selama tahap perencanaan audit. Statement on Auditing Standard (SAS) No.22 mengidentifikasi beberapa unsur supervisi, termasuk menginstruksikan asistensi, memberitahukan masalah-masalah penting yang dijumpai, menelaah pekerjaan yang telah dilakukan, menyelesaikan perbedaan pendapat diatur personel perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah pelaksanaan supervisi oleh senior auditor berperan secara signifikan terhadap kinerja junior auditor. Indikator supervisi yang digunakan berpedoman pada Issue Statement No.4 yang diterbitkan oleh AECC, sedangkan indikator yang digunakan untuk menilai kinerja junior auditor melalui Auditing : A journal of Practice & Theory Volume 9 No.3 Fall 1990. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan survei. Data diperoleh melaui penyebaran kuesioner dengan responden para senior dan junior auditor pada 17 Kantor Akuntan Publik di Bandung. Pengujian hipotesis menggunakan uji signifikansi koefisien Spearman rank, menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 4,6275 yang posisinya lebih besar dari ttabel sebesar 1,753 dengan n=17 dan %5=α. Hal ini berarti pelaksanaan supervisi oleh senior auditor berpengaruh terhadap kinerja junior auditor, dengan koefisien determinasi sebesar 45,97%.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/757
Date: 2008-03


Files in this item

Files Size Format View Description
content 1.pdf 1.393Mb PDF View/Open content 1
content 2.pdf 1.716Mb PDF View/Open content 2
cover.pdf 678.3Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record