Peranan Akuntansi Pertanggungjawaban Dalam Menilai Kinerja Manajer Pusat Laba (Studi kasus pada PT. JASA RAHARJA (Persero) Cirebon)

Widyatama Repository

Peranan Akuntansi Pertanggungjawaban Dalam Menilai Kinerja Manajer Pusat Laba (Studi kasus pada PT. JASA RAHARJA (Persero) Cirebon)

Show full item record

Title: Peranan Akuntansi Pertanggungjawaban Dalam Menilai Kinerja Manajer Pusat Laba (Studi kasus pada PT. JASA RAHARJA (Persero) Cirebon)
Author: Darmawan, Ayudhi
Abstract: Dalam layanan jasa komunikasi, selain dalam bentuk telekomunikasi, media cetak, dan lainnya, bidang pelayanan dalam bentuk jasa asuransi sangat diperlukan bagi kelancaran dalam berhubungan dengan berbagai pihak. Karena pentingnya perusahaan tersebut, maka perusahaan harus mengembangkan usaha sedemikian rupa agar mampu memenuhi kebutuhan masyarakat. Dengan berkembangnya perusahaan diharapkan dapat meningkatkan laba perusahaan. Pusat laba adalah salah satu pusat pertanggungjawaban yang memiliki peranan penting bagi perusahaan yang berorientasi pada laba, karena laba merupakan sumber utama kelangsungan hidup perusahaan. Manajer pusat laba menyusun sebuah anggaran laba untuk dijadikan pedoman pelaksanaan kegiatan perusahaan. Agar kinerja manajer pusat laba dapat diukur, maka akuntansi pertanggungjawaban perlu ditetapkan agar informasi yang dihasilkan dapat berperan untuk menilai atau mengevaluasi kinerja manajer pusat laba sehingga kinerjanya dapat ditingkatkan. Penelitian dilakukan pada PT. JASA RAHARJA (Persero) Cirebon. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kememadaiannya penerapan akuntansi pertanggungjawaban pada PT. JASA RAHARJA (Persero) dan mengetahui peranan akuntansi pertanggungjawaban dalam menilai kinerja manajer pusat laba. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif yaitu melalui fakta yang diperoleh dari penelitian kemudian diproses lebih lanjut dengan dasar teori yang ada. Sedangkan untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam penyusunan skripsi ini digunakan teknik penelitian lapangan dengan instrimen berupa kuesioner dan penelitian kepustakaan untuk mendapatkan data sekunder sebagai landasan teoritis yang dipakai untuk dasar pertimbangan dengan kenyataan yang ada selama dilakukannya penelitian. Penulis juga melakukan wawancara dan observasi langsung untuk memperoleh data primer. Dari hasil penelitian diperoleh perhitungan sebesar 93,33 % yang berarti hipotesis yang diajukan dapat diterima. Hal ini ditunjang dengan peranan akuntansi pertanggungjawaban yang cukup memadai untuk menilai kinerja manajer pusat laba, dengan hasil anggaran dan realisasi laba PT. JASA RAHARJA (Persero) tahun 2006 sebesar Rp 2.515.895.296,00 dan Rp1.472.973.408,00 yang berarti dapat mencapai target laba sebesar 58,55 %, dan terdapatnya peningkatan laba usaha dari tahun 2005 ke tahun 2006 sebesar 215,76 %.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/752
Date: 2008-03


Files in this item

Files Size Format View Description
content 1.pdf 16.01Mb PDF View/Open content 1
content 2.pdf 5.882Mb PDF View/Open content 2
cover.pdf 61.73Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record