Peranan Audit Internal dalam Optimalisasi Penjualan Obat di Bagian Farmasi Rumah Sakit ( Studi kasus pada Rumah Sakit Santo Borromeus Bandung )

Widyatama Repository

Peranan Audit Internal dalam Optimalisasi Penjualan Obat di Bagian Farmasi Rumah Sakit ( Studi kasus pada Rumah Sakit Santo Borromeus Bandung )

Show full item record

Title: Peranan Audit Internal dalam Optimalisasi Penjualan Obat di Bagian Farmasi Rumah Sakit ( Studi kasus pada Rumah Sakit Santo Borromeus Bandung )
Author: Lorenz, Silvia
Abstract: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya peranan audit internal dalam optimalisasi penjualan obat di Bagian Farmasi Rumah Sakit. Pengukuran atas audit internal dilakukan dengan indikator-indikator. Independensi, kemampuan profesional, lingkup pekerjaan, pelaksanaan kegiatan pemeriksaan, dan manajemen bagian audit internal. Untuk mengukur optimalisasi penjualan obat, digunakan indikator-indikator seperti tujuan farmasi, kebutuhan obat oleh pasien, persediaan obat-obatan, jumlah resep, kesesuaian dengan anggaran penjualan, pemeriksaan, dan pelayanan. Penelitian ini dilaksanakan dengan melakukan studi kasus. Data yang digunakan diperoleh dari kuesioner yang dibagikan kepada audit internal pada Rumah Sakit Santo Borromeus di Bandung yang telah memiliki departemen audit internal serta kepada Bagian Farmasi Rumah Sakit. Dalam penelitian ini penulis hanya menggunakan satu rumah sakit saja. Pengujian hipotesis menggunakan uji analisis koefisien korelasi Rank Spearman yang memberikan hasil penelitian bahwa audit internal Rumah Sakit Santo Borromeus telah memiliki peranan yang signifikan dalam optimalisasi penjualan obat dibagian farmasi. Jika ditelaah berdasarkan besarnya koefisien korelasi yang dihasilkan sebesar 98,8%, audit internal memilki peranan dengan derajat à ¢ tinggià ¢ dalam optimalisasi penjualan obat dibagian farmasi rumah sakit.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/751
Date: 2008-01


Files in this item

Files Size Format View Description
content 1.pdf 1.587Mb PDF View/Open content 1
content 2.pdf 1.447Mb PDF View/Open content 2
cover.pdf 71.13Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record