Analisis Laporan Arus Kas Terhadap Tingkat Solvabilitas Perusahaan ( Studi Survei pada Perusahaan Industri Rokok yang terdaftar di BEI )

Widyatama Repository

Analisis Laporan Arus Kas Terhadap Tingkat Solvabilitas Perusahaan ( Studi Survei pada Perusahaan Industri Rokok yang terdaftar di BEI )

Show full item record

Title: Analisis Laporan Arus Kas Terhadap Tingkat Solvabilitas Perusahaan ( Studi Survei pada Perusahaan Industri Rokok yang terdaftar di BEI )
Author: Roflin, Gusnawan
Abstract: Setiap perusahaan mempunyai kas untuk digunakan dalam memperlancar kegiatannya dalam meminimalkan resiko, karena hampir semua transaksi perusahaan akan dinilai dari besarnya kas. Oleh karena itu diperlukan pengelolaan arus kas yang terkoordinir dengan baik, karena akan mendukung kegiatan operasional perusahaan menjadi lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil analisis laporan arus kas perusahaan, mengetahui hasil analisis laporan arus kas terhadap tingkat solvabilitas perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi survei yang diperoleh dari data perusahaan kelompok industri rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk periode tahun 2004-2006. Metode yang digunakan adalah deskriptif analitis yaitu suatu metode penelitian yang dilakukan dengan menguraikan terlebih dahulu data yang ada dan diinterpretasikan penerapannya, sehingga dapat memberikan gambaran mengenai perusahaan khususnya mengenai aspek-aspek yang sedang diteliti dan melakukan hubungan terhadap variabel yang diteliti. Dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa PT. Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk, menurut penulis memiliki arus kas yang lebih baik setiap periodenya dibandingkan dua perusahaan lainnya meskipun pada tahun 2005 mengalami penurunan sebesar Rp. 1.075.283 dan pada tahun 2006 juga mengalami penurunan sebesar Rp. 347.399. Dengan kas tersebut, perusahaan menunjukkan tingkat solvabilitas yang lebih tinggi dibandingkan tiga perusahaan lainnya, meskipun terdapat beberapa rasio solvabilitas yang dimiliki PT. Bentoel Internasional Investama Tbk, PT British American Tobacco Indonesia Tbk, dan PT. Gudang Garam Tbk lebih baik dibadingkan PT. Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk. Penulis juga menarik kesimpulan dan memberikan saran agar dapat dikembangkan sehingga pengelolaan kas perusahaan menjadi lebih baik dari sebelumnya, misalnya pengurangan hutang jangka panjang dengan mengurangi aktiva tetap yang jumlahnya yang terlalu besar, meningkatkan penjualan dengan memperluas daerah pemasaran produknya yang diharapkan dapat menambah jumlah kas dari aktivitas operasi, untuk membantu perusahaan dalam memenuhi kewajibannya.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/749
Date: 2008-03


Files in this item

Files Size Format View Description
content 1.pdf 1.393Mb PDF View/Open content 1
content 2.pdf 1.706Mb PDF View/Open content 2
cover.pdf 33.15Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record