Pemeriksaan Intern atas Penjualan dan Piutang Usaha dalam rangka meningkatkan Efisiensi Penagihan (Studi Kasus Pada PT. Pos Indonesia, PT. Telkom Tbk, PT. PLN (Persero), PDAM, PT. KAI (Persero))

Widyatama Repository

Pemeriksaan Intern atas Penjualan dan Piutang Usaha dalam rangka meningkatkan Efisiensi Penagihan (Studi Kasus Pada PT. Pos Indonesia, PT. Telkom Tbk, PT. PLN (Persero), PDAM, PT. KAI (Persero))

Show full item record

Title: Pemeriksaan Intern atas Penjualan dan Piutang Usaha dalam rangka meningkatkan Efisiensi Penagihan (Studi Kasus Pada PT. Pos Indonesia, PT. Telkom Tbk, PT. PLN (Persero), PDAM, PT. KAI (Persero))
Author: Rahmani, R. Ermaya
Abstract: Auditor Internal merupakan aparat penting bagi pimpinan perusahaan untuk dapat mengendalikan jalannya perusahaan terutama dalam hal pembayaran gaji dan upah, sehingga pengawasan yang dilakukan oleh perusahaan lebih dapat dipertanggungjawabkan dan demikian mutu dari manajemen dapat lebih ditingkatkan. Pengendalian intern terhadap penjualan dan piutang usaha direncanakan secara baik dan benar dengan menganut sistem yang ada pada perusahaan, maka dari itu jika sistem penjualan dan penagihan direncanakan dan dibuat secara baik, memadai, efektif dan efisien maka semua itu dapat memenuhi tujuan dari perusahaan dan kepuasan karyawan sehingga dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas pada karyawan tersebut. Di dalam penelitian ini penulis mengambil judul â Pemeriksaan Intern atas Penjualan dan Piutang Usaha dalam rangka meningkatkan Efisiensi Penagihanâ sedangkan yang menjadi bahan penelitian adalah PT. Pos Indonesia, PT. Telkom Tbk, PT. PLN (Persero), PDAM, PT. KAI (Persero). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan studi lapangan dan kepustakaan, dengan menyebarkan kuesioner kepada 10 orang responden. Dari hasil penelitian di dapat bahwa faktor koreksi nilai rs yaitu 0.9599. Sedangkan harga kritis rs Koefisien Korelasi Rank Spearman untuk N = 10, α = 0,5 adalah sebesar 0,700. Koefisien Determinasi (KD) sebesar 92,14%. berarti hubungan pemeriksaan intern berpengaruh terhadap efektivitas dan efisiensi sistem penggajian sebesar 92,14%.Nilai t hitung (34,55) > t tabel (2,306), sehingga Hipotesis nol (Ho) ditolak dan Hipotesis alternatif diterima. Hal ini menunjukkan bahwa â terdapat hubungan antara pemeriksaan intern atas penjualan dan piutang usaha untuk meningkatkan efisiensi penagihanâ dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/748
Date: 2008-03


Files in this item

Files Size Format View Description
content 1.pdf 2.547Mb PDF View/Open content 1
content 2.pdf 782.3Kb PDF View/Open content 2
cover.pdf 992.2Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record