Hubungan Likuiditas Dengan Kinerja Keuangan Perusahaan (Survey pada beberapa Perusahaan Industri Semen yang terdaftar di BEJ)

Widyatama Repository

Hubungan Likuiditas Dengan Kinerja Keuangan Perusahaan (Survey pada beberapa Perusahaan Industri Semen yang terdaftar di BEJ)

Show full item record

Title: Hubungan Likuiditas Dengan Kinerja Keuangan Perusahaan (Survey pada beberapa Perusahaan Industri Semen yang terdaftar di BEJ)
Author: Wiliam
Abstract: Dengan berkembangnya dunia usaha yang sangat cepat dimasa sekarang, terjadi persaingan yang ketat diantara perusahaan sejenis. Untuk dapat bersaing dengan perusahaan lainnya, perusahaan harus dapat mengelola seluruh aktiva yang dimiliki dan kewajiban-kewajibannya semaksimal mungkin sehingga kegiatan operasi perusahaan dapat berjalan dengan baik. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan semen yang telah go public yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta (BEJ) untuk periode tahun 2002 sampai dengan tahun 2006, perusahaan tersebut adalah PT. Semen Cibinong, Tbk ; PT. Semen Gresik, Tbk ; PT. Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, yaitu suatu metode penelitian yang dilakukan dengan menguraikan terlebih dahulu kondisi objek penelitian atau perusahaan yang diteliti berdasarkan fakta dan data yang ada untuk menguji hipotesis digunakan korelasi product moment, koefisien determinasi, dan uji signifikansi korelasi product moment atau Uji t. Hasil perhitungan tingkat likuiditas dengan menggunakan rasio cepat dan perhitungan kinerja keuangan perusahaan dengan menggunakan tingkat profitabilitas (rasio return on total assets) menunjukan adanya kenaikan dan penurunan selama lima tahun. Untuk pengujian hipotesis dengan korelasi product moment diperoleh koefisien korelasi sebesar 0.1600 untuk tingkat likuiditas (rasio cepat) dengan kinerja keuangan perusahaan (profitabilitas). Hasil korelasi tersebut menunjukan hubungan antara tingkat likuiditas dengan profitabilitas adalah sangat rendah. Perhitungan dengan koefisien determinasi diperoleh hasil sebesar 2,56% artinya tingkat likuiditas mempengaruhi tingkat profitabilitas 2,56%. Dari hasil uji signifikansi korelasi product moment atau Uji t didapatkan thitung sebesar 0,5844 untuk tingkat likuiditas dengan tingkat profitabilitas. Dengan = 5%, derajat kebebasan df (n-2) adalah sebesar 2,1604 sehingga didapatkan nilai thitung < ttabel yang berarti tidak terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat likuiditas dengan tingkat profitabilitas perusahaan. Hal ini belum tentu berlaku bagi perusahaan yang berbeda kegiatan operasi perusahaannya. Berdasarkan hasil penelitan dan pembahasan yang telah penulis lakukan, perusahaan harus menjaga tingkat likuiditas agar dapat memenuhi kewajiban jangka pendeknya, dengan cara meningkatkan profitabilitas perusahaan semaksimal mungkin dengan memaksimalkan aktiva yang dimiliki perusahaan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/745
Date: 2006-03


Files in this item

Files Size Format View Description
content 1.pdf 1.247Mb PDF View/Open content 1
content 2.pdf 379.7Kb PDF View/Open content 2
cover.pdf 332.4Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record