Peranan Anggaran Biaya Pemasaran dalam Mencapai Target Penjualan (Studi Kasus pada PT Srikandi Diamond Motors Bandung)

Widyatama Repository

Peranan Anggaran Biaya Pemasaran dalam Mencapai Target Penjualan (Studi Kasus pada PT Srikandi Diamond Motors Bandung)

Show full item record

Title: Peranan Anggaran Biaya Pemasaran dalam Mencapai Target Penjualan (Studi Kasus pada PT Srikandi Diamond Motors Bandung)
Author: Nandika, Yusman
Abstract: Penyusunan anggaran semakin menarik untuk dipelajari. Hal ini dikarenakan meningkatnya persaingan perusahaan di bidang otomotif yaitu mobil. Pada perusahaan yang bergerak di bidang otomotif, proses pemasarana merupakan kegiatan yang sangat penting demi kelangsungan hidup dan perkembangan perusahaan. Untuk itu biasa digunakan anggaran yang berfungsi selain sebagai alat perencanaan, juga sebagai alat pengendalian. Dalam penelitian ini, dilakukan penelitian mengenai peranan anggaran pada sebuah perusahaan yang bergerak di bidang otomotif, yaitu PT Srikandi Diamond Motors yang mengkhususkan pada merk mobil Mitsubishi dengan membahas bagaimana penyusunan anggaran biaya pemasaran dapat mencapai target penjualan yang diharapkan. Setelah diketahui bagaimana penerapan hal tersebut, maka dapat diteliti bagaimana peranan anggaran biaya pemasaran dalam menacapai target penjualan. Langkah pertama yang dilakukan dalam penerapan anggaran adalah menetapkan besarnya biaya yang dianggarkan, lalu dilakukan pengukuran atas pelaksanaan yang sesungguhnya dan langsung dibandingkan dengan anggaran untuk mengetahui besarnya penyimpangan yang terjadi. Setelah itu dilakukan perhitungan selisih agar dapat diketahui apa yang menjadi penyebab terjadinya penyimpangan tersebut sehingga dapat dilakukan perbaikan. Metode penelitian menggunakan metode studi kasus dengan menggunakan pendekatan deskriptif analitis. Dalam penelitian penulis berusaha mengumpulkan data dan informasi yang memadai untuk diolah, dianalisis, dan kemudian disimpulkan. Penelitian studi kasus adalah penelitian yang dilakukan pada satu perusahaan saja, sedangkan pendekatan deskriptif analitis adalah penelitian ditujukan untuk mengumpulkan data yang dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai suatau objek penelitian untuk kemudian dilakukan analisis terhadap objek penelitian tersebut. Berdasarkan penelitian yang dilakukan penulis, anggaran biaya pemasaran yang disusun perusahaan telah berperan dalam mencapai target penjualan. Hal ini ditunjang dengan persentase hasil perhitungan jawaban kuesioner yang dapat menunjukkan bahwa peranan anggaran biaya pemasaran dalam mencapai target penjualan sebesar 48,5 %, sedangkan 51,5 % lainnya dipengaruhi oleh faktor lain di luar anggaran biaya pemasaran dalam mencapai target penjualan, yang dalam hal ini tidak menjadi bahan penelitian penulis.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/744
Date: 2008-04


Files in this item

Files Size Format View Description
content 1.pdf 1.081Mb PDF View/Open content 1
content 2.pdf 1.030Mb PDF View/Open content 2
cover.pdf 1.114Mb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record