Hubungan Auditor Internal Bersertifikasi Qualified Internal Auditor (QIA) dengan Kualitas Komunikasi Hasil Penugasan Audit Internal ( Studi Kasus Pada PT. PLN (Persero), Daerah Distribusi Jawa Barat dan Banten )

Widyatama Repository

Hubungan Auditor Internal Bersertifikasi Qualified Internal Auditor (QIA) dengan Kualitas Komunikasi Hasil Penugasan Audit Internal ( Studi Kasus Pada PT. PLN (Persero), Daerah Distribusi Jawa Barat dan Banten )

Show full item record

Title: Hubungan Auditor Internal Bersertifikasi Qualified Internal Auditor (QIA) dengan Kualitas Komunikasi Hasil Penugasan Audit Internal ( Studi Kasus Pada PT. PLN (Persero), Daerah Distribusi Jawa Barat dan Banten )
Author: Setiabudi, Fajar
Abstract: Maksud dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan auditor internal bersertifikasi Quailified Internal Auditor dengan kualitas komunikasi hasil penugasan audit internal .Penelitian ini dilaksanakan pada PT.PLN (Persero) Bandung. Sertifikasi Qualified Internal Auditor adalah sertifikasi dalam bidang audit internal yang merupakan simbol kompetensi,kemampuan dan, profesionalisme dari individu yang menyandang sertifikat tersebut.Dalam memperoleh sertifikat tersebut tidak sedikit waktu dan biaya yang dikeluarkan, sebagai auditor yang telah memperoleh sertifikasi QIA wajib memberikan nilai tambah bagi organisasi dibanding sebelum bersertifikasi. Dimata manajemen, komunikasi hasil penugasan audit internal yang berkualitas merupakan satu-satunya imbalan yang diperoleh dari dana tersebut. Dimana komunikasi hasil penugasan audit internal yang berkualitas adalah laporan yang memenuhi standar kualitas suatu komunikasi hasil penugasan audit internal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif analisis kasus.Pengumpulan data dan informasi dilaksanakan dengan studi lapangan melalui penyebaran kuesioner dan wawancara, serta melakukan studi kepustakaan.Dalam pengujian hipotesis digunakan metode korelasi Rank Spearman. Hasil pengujian hipotesis dengan korelasi Rank Spearman menunjukan adanya hubungan positif yang erat atau kuat antara auditor internal bersertifikasi Qualified Internal Auditor (Variabel X) dengan kualitas komunikasi hasil penugasan audit internal (variabel Y), yaitu sebesar 0,96. Pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh nilai t hitung = 4,875 yang berarti lebih besar dari t tabel (0,05;8) = 2,306. Berdasarkan hasil tersebut maka hipotesis nol (H0) ditolak dengan taraf signifikansi α = 5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan positif yang signifikan antara auditor internal bersertifikasi Qualified Internal Auditor dengan kualitas komunikasi hasil penugasan audit internal,dengan rata-rata resiko kesalahan sebesar 5%.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/743
Date: 2006-03


Files in this item

Files Size Format View Description
content 1.pdf 2.165Mb PDF View/Open content 1
content 2.pdf 910.5Kb PDF View/Open content 2
cover.pdf 60.39Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record