Peranan Sistem Informasi Akuntansi Pelayanan Jasa Rawat Jalan dan Rawat Inap Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Internal Pendapatan Rumah Sakit (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Pertamina Prabumulih)

Widyatama Repository

Peranan Sistem Informasi Akuntansi Pelayanan Jasa Rawat Jalan dan Rawat Inap Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Internal Pendapatan Rumah Sakit (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Pertamina Prabumulih)

Show full item record

Title: Peranan Sistem Informasi Akuntansi Pelayanan Jasa Rawat Jalan dan Rawat Inap Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Internal Pendapatan Rumah Sakit (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Pertamina Prabumulih)
Author: Budiono, Tommy
Abstract: Dalam era globalisasi dewasa ini, sebagian besar perusahaan yang bergerak di bidang jasa kesehatan mengalami perkembangan yang pesat, demikian pula aktivitas yang ada dalam perusahaan jasa kesehatan semakin komplek dan rumit. Hal ini yang menyebabkan pimpinan rumah sakit tidak mengevaluasi bawahannya secara langsung. Diantara aktivitas yang ada, aktivitas yang berhubungan dengan pelayanan jasa rawat jalan dan rawat inap merupakan aktivitas yang penting, yang harus mendapat perhatian dari pihak manajemen rumah sakit dalam pengelolaannya, karena pendapatan terbesar rumah sakit diperoleh dari hal tersebut. Objek penelitian yang dilakukan adalah sistem informasi akuntansi pelayanan jasa rawat jalan dan rawat inap yang baik agar dapat menunjang pengendalian internal pendapatan rumah sakit. Penulis melakukan penelitian terhadap kegiatan pelayanan jasa rawat jalan dan rawat inap pada Rumah Sakit Pertamina Prabumulih. Tujuannya adalah untuk mengetahui dan menilai bagaimana pelaksanaan sistem informasi akuntansi dan efektivitas pengendalian serta pengaruhnya dalam menunjang efektivitas pengendalian internal pendapatan. Hipotesis yang dikemukakan oleh penulis adalah jika perusahaan menerapkan sistem informasi akuntansi pelayanan jasa rawat jalan dan rawat inap secara memadai, maka akan menunjang efektivitas pengendalian internal pendapatan rumah sakit. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif dengan teknik yang dilakukan yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang penulis lakukan, penulis menyimpulkan bahwa sistem informasi akuntansi pelayanan jasa rawat jalan dan rawat inap pada Rumah Sakit Pertamina Prabumulih telah dilaksanakan dengan memadai sehingga sangat berperan dalam menunjang efektivitas pengendalian internal pendapatan rumah sakit. Hal ini dibuktikan dengan adanya struktur organisasi yang memadai, telah ditetapkannya prosedur-prosedur pelayanan jasa perawatan yang memadai, dan catatan akuntansi yang memadai. Adapun saran dari penulis adalah pertama: dalam pembuatan kartu identitas pasien dan kartu status pasien, sebaiknya nomor dokumen tersebut telah tercetak. Kedua: sebaiknya jabatan Kepala Sub Bagian Akuntansi tidak merangkap sebagai pemeriksa intern, sehingga membuat pekerjaan kepala akuntansi menjadi kurang efektif.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/741
Date: 2008-03


Files in this item

Files Size Format View Description
content 1.pdf 1.802Mb PDF View/Open content 1
content 2.pdf 774.3Kb PDF View/Open content 2
cover.pdf 444.9Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record