Analisis Arus Kas dalam Menentukan Tingkat Likuiditas Perusahaan ( Studi Survey pada Perusahaan Industri Semen yang Terdaftar di BEJ )

Widyatama Repository

Analisis Arus Kas dalam Menentukan Tingkat Likuiditas Perusahaan ( Studi Survey pada Perusahaan Industri Semen yang Terdaftar di BEJ )

Show full item record

Title: Analisis Arus Kas dalam Menentukan Tingkat Likuiditas Perusahaan ( Studi Survey pada Perusahaan Industri Semen yang Terdaftar di BEJ )
Author: Kartikawati, Tika
Abstract: Laporan arus kas merupakan suatu laporan yang berguna bagi manajer, investor, kreditur, dan pemakai lainnya dimana laporan tersebut dapat memberikan gambaran arus kas perusahaan sesuai dengan penggolongan aktivitasnya. Kas merupakan unsur aktiva yang paling lancar atau dengan kata lain kas merupakan modal kerja yang paling likuid, sehingga dengan ketersediaan kas yang cukup maka perusahaan tidak akan kesulitan dalam memenuhi kewajiban yang jatuh tempo. Untuk mengetahui dengan tepat bagaimana kondisi kas suatu perusahaan serta kemampuannya dalam memenuhi kewajiban perusahaan dapat dilakukan analisis atas laporan arus kas perusahaan. Berkaitan dengan likuiditas perusahaan, arus kas memberikan informasi bagi manajer mengenai kesanggupan perusahaan menyediakan kas untuk membayar kewajiban jangka pendek. Tersedianya jumlah kas yang memadai sangat diperlukan agar perusahaan mampu memenuhi kewajiban jangka pendeknya yang jatuh tempo. Berdasarkan pemikiran diatas, maka penulis menuangkannya dalam skripsi yang berjudul à ¢ Analisis Arus Kas dalam Menentukan Tingkat Likuiditas Perusahaanà ¢ . Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi kas perusahaan, tingkat likuiditas perusahaan, dan keberhasilan analisis arus kas dalam menentukan tingkat likuiditas perusahaan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan tahunan selama kurun waktu 4 (empat) tahun dari tahun 2001 hingga tahun 2004 milik 3 (tiga) perusahaan industri semen yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta (BEJ) yaitu PT Semen Cibinong, PT Semen Gresik, dan PT Indocement Tunggal Prakarsa. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu suatu metode yang mengolah dan memproses data yang terdapat dalam perusahaan yang ada hubungannya dengan masalah yang diteliti, kemudian akan dilakukan analisis sehingga dari data tersebut dapat ditarik suatu simpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan melalui analisis arus kas dapat diketahui bahwa selama kurun waktu 4 (empat) tahun saldo kas ketiga perusahaan tersebut mengalami surplus. Selain itu rasio likuiditas yang dimiliki ketiga perusahaan industri semen dinilai cukup tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan kondisi kas dalam keadaan surplus maka perusahaan dapat membiayai kegiatan operasi sehingga bisa memenuhi kewajiban jangka pendeknya atau dengan kata lain ketiga perusahaan tersebut dalam keadaan likuid. Maka dari kesimpulan tersebut diketahui bahwa analisis arus kas dapat memberikan gambaran bagi perusahaan dalam menentukan likuiditasnya.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/731
Date: 2005-11


Files in this item

Files Size Format View Description
content 1.pdf 1.238Mb PDF View/Open content 1
content 2.pdf 402.1Kb PDF View/Open content 2
cover.pdf 62.73Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record