TINJAUAN BIAYA PEMASARAN TERHADAP PRODUK JADI KERAJINAN ROTAN PADA CV. LIMINDO UTAMA DI CIREBON

Widyatama Repository

TINJAUAN BIAYA PEMASARAN TERHADAP PRODUK JADI KERAJINAN ROTAN PADA CV. LIMINDO UTAMA DI CIREBON

Show full item record

Title: TINJAUAN BIAYA PEMASARAN TERHADAP PRODUK JADI KERAJINAN ROTAN PADA CV. LIMINDO UTAMA DI CIREBON
Author: Aulia, Henri
Abstract: Sejalan dengan pertumbuhan penduduk, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat memungkinkan produsen menghasilkan produk berupa barang atau pun jasa dalam jumlah yang besar dan bervariasi. Dengan hasil produksi yang melimpah ini produsen berusaha lebih keras agar produk yang dihasilkan dapat disalurkan pada konsumen. Hal ini menyebabkan fungsi pemasaran dalam suatu perusahaan menjadi begitu penting, agar dapat menjaring konsumen sebanyak mungkin. Untuk mempertahankan kontinuitas perusahaan diperlukan adanya aktivitas pemasaran yang terarah dan terpadu guna mempertahankan dan meningkatkan posisi produknya di pasar Masalah yang dibahas dalam Laporan Tugas Akhir tentang Biaya Pemasaran terhadap Produk Jadi ini adalah untuk mengetahui tujuan CV. Limindo Utama di Cirebon dalam penetapan biaya pemasaran terhadap produk jadi rotan, dan masalah-masalah serta usaha-usaha apa saja yang dihadapi CV. Limindo Utama dalam menetapkan biaya pemasaran. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian deskriptif, dimana data-data primer maupun sekunder yang diperlukan diperoleh melalui studi lapangan dengan teknik wawancara yang dilakukan terhadap pimpinan dan staf perusahaan berkaitan dengan masalah yang diteliti dan studi kepustakaan. Unit analisisnya adalah CV. Limindo Utama yang berlokasi dikawasan industri kerajinan rotan Tegalwangi Cirebon. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diketahui bahwa biaya pemasaran dari CV. Limindo Utama dilakukan melalui enam variable yaitu : Penjualan, Pergudangan, Pembungkusan dan Pengiriman, Advertensi, Kredit dan penagihan, dan Akuntansi Pemasaran. Penetapan biaya pemasaran pada penelitian ini menggunakan analisis biaya pemasaran menurut usaha pemasaran berdasarkan jenis produk. Dalam perkembangan biaya pemasaran yang dilakukan CV. Limindo Utama pada tahun 2002 sampai dengan tahun 2004 menunjukkan nilai yang fluktuatif. Tetapi dilihat secara umum biaya pemasaran lebih cenderung menunjukkan terjadinya penurunan. Sedangkan masalah-masalah yang dihadapi oleh CV. Limindo Utama Cirebon dalam melaksanakan biaya pemasaran yaitu masalah perekonomian yang belum stabil diantaranya adanya kenaikan bahan bakar minyak dan kebijakan pemerintah No. 12/2005 dalam membuka kembali keran ekspor bahan baku rotan ke Cina dan Vietnam yang dapat berakibat pada kurangnya pasokan bahan baku dalam negeri serta keterlambatan pengiriman barang setengah jadi dari pengrajin ke perusahaan. Adapun usaha-usaha untuk mengatasinya yang dilakukan CV. Limindo Utama yaitu membuat perencanaan yang matang dalam melakukan program kerja, mengadakan kerjasama dalam pengadaan bahan baku antara perusahaan dan Supplier bahan baku, meningkatkan kualitas barang yang dihasilkan dan juga melakukan kegiatan promosi, meningkatkan komunikasi yang baik antar pengrajin dan pihak perusahaan agar terjalin hubungan kerjasama yang lebih baik.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/720
Date: 2005-10


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 376.4Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 27.28Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 28.26Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 30.30Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 40.59Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 79.73Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 26.05Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 25.00Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record