Pengaruh Biaya Advertising dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada Showroom Satria Motor Cirebon

Widyatama Repository

Pengaruh Biaya Advertising dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada Showroom Satria Motor Cirebon

Show full item record

Title: Pengaruh Biaya Advertising dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada Showroom Satria Motor Cirebon
Author: Ruddy
Abstract: Ruddy (02.99.237) Pengaruh Biaya Advertising dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada Showroom Satria Motor Cirebon, di bawah bimbingan Bapak Taufik Rachim, SE, MSi, selaku dosen pembimbing utama dan Bapak H. Achmad Sanusi, SE, MSi., sebagai co pembimbing. Kegiatan pemasaran yang dilakukan perusahaan semakin berkembang, sejalan dengan berkembangnya sektor ekonomi, perusahaan dihadapkan pada situasi persaingan yang timbul diantara perusahaan yang menyebabkan perusahaan tidak hanya menghasilkan barang dan jasa yang berkualitas dengan harga yang dapat bersaing, tetapi juga perlu melakukan kegiatan pemasaran yang tepat yang disesuaikan dengan harga bersaing. Kegiatan pemasaran bukan hanya ditunjukan untuk memasarkan barang dan jasa yang dihasilkan saja, tetapi barang dan jasa harus menarik minat, memberikan kepuasan dan kegunaan bagi konsumen salah satu cara yang dapat digunakan adalah melalui kegiatan periklanan (advertising) Lokasi penelitian dilakukan oleh Showroom Satria Motor yang beralamat di jalan Kosambi no. 1 Cirebon. Showroom Satria Motor merupakan showroom yang bergerak dalam bidang jual beli, tukar tambah kendaraan mobil baru dan bekas. Tujuan penulis melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan periklanan yang dilakukan oleh perusahan dalam usaha meningkatkan hasil penjualan, mengetahui media periklanan yang digunakan dan kendala-kendala apa saja yang dihadapi perusahaan dalam melaksanakan kegiatan periklanan, serta mengetahui sejauh mana pengaruh kegiatan periklanan terhadap peningkatan hasil penjualan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, media periklanan yang digunakan oleh perusahaan adalah media surat kabar, papan reklame dan speciality advertising. Sedangkan kendala-kendala yang dihadapi oleh perusahaan dalam pembagian dana, kesalahan pada media iklan dan kurangnya tenaga ahli yang kreatif, untuk menganalisis data-data yang penulis peroleh dari pihak perusahaan, maka selanjutnya penulis melakukan perhitungan statistik yaitu analisis koefisien korelasi pearson yang merupakan analisis yang digunakan untuk mengetahui kuat atau lemahnya serta arah hubungan antara variabel independen (biaya periklanan) dnegan variabel dependen (hasil penjualan) diperoleh hasil r = 0,855, hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat dan positif antara biaya periklanan dengan hasil penjualan. Selanjutnya untuk analisis determinasi menghasilkan Kd = 73,13% yang berarti bahwa periklanan memberikan konstribusi dan pengaruh yang cukup besar bagi peningkatan hasil penjualan. Sedangkan berdasarkan uji statistik t dalam pengujian hipotesis diperoleh thitung = 2,857 dan ttabel = 2,353. Hal ini menunjukkkan bahwa antara variabel independen (biaya periklanan) dan variabel dependen (hasil penjualan) mempunyai hubungan yang berarti, kuat dan searah. Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan penulis yaitu â Jika kegiatan advertising (periklanan) ditingkatkan dengan konsekuensi biaya periklanan meningkat maka hasil penjualan akan meningkat,â dapat diterima. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tersebut, penulis menyimpulkan bahwa periklanan berpengaruh dalam peningkatan hasil penjualan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/698
Date: 2005-10


Files in this item

Files Size Format View Description
content 1.pdf 884.7Kb PDF View/Open content 1
content 2.pdf 467.7Kb PDF View/Open content 2
cover.pdf 213.7Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record