Peranan Saluran Distribusi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada PT. Citra Van Titipan Kilat Bandung

Widyatama Repository

Peranan Saluran Distribusi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada PT. Citra Van Titipan Kilat Bandung

Show full item record

Title: Peranan Saluran Distribusi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada PT. Citra Van Titipan Kilat Bandung
Author: Setiawan, Krida
Abstract: PT. Citra Van Titipan Kilat Bandung yang merupakan agen tunggal di Bandung adalah suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pengiriman. Perusahaan ini menggunakan sub agen sebagai perantara dalam melaksanakan aktivitas saluran distribusinya. Dalam melakukan kegiatan usahanya, perusahaan memerlukan saluran distribusi untuk menyalurkan jasanya sehingga sampai ke tangan konsumen. Pemilihan saluran distribusi dipengaruhi oleh sifat pelanggan, sifat jasa, sifat perantara, dan sifat perusahaan. Tujuan penulis melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan saluran distribusi yang dilakukan oleh PT. Citra Van Titipan Kilat Bandung dan sejauhmana peranan saluran distribusi dalam meningkatkan volume penjualan jasanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Dari data yang diperoleh akan diolah dengan menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif yang terdiri dari analisis koefisien korelasi dan analisis koefisien determinasi. Dengan menggunakan rumus koefisien korelasi dapat diketahui nilai r sebesar 0,8112. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat sekali dan bersifat searah antara jumlah sub agen sebagai perantara dalam saluran distribusi dengan volume penjualan. Dengan menggunakan rumus koefisien determinasi maka dapat diketahui nilai Kd sebesar 65,97%. Pengujian hipotesis dilakukan dengan ttabel dan thitung dimana ttabel = 2,353 dan thitung = 2,412. Karena thitung¬ lebih besar dari ttabel maka Ho ditolak dan Hi diterima. Jadi hipotesis yang menyatakan â Jika aktivitas saluran distribusi meningkat (dengan konsekuensi jumlah sub agen sebagai perantara dalam saluran distribusi yang digunakan perusahaan meningkat), maka volume penjualan perusahaan akan meningkatâ dapat diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemilihan saluran distribusi yang dilakukan oleh PT. Citra Van Titipan Kilat Bandung sudah tepat yaitu menggunakan distribusi eksklusif dengan sub agen sebagai perantara. Dengan demikian, penulis menyarankan agar PT. Citra Van Titipan Kilat Bandung menambah jumlah sub agen, dengan tetap memperhatikan syarat yang telah ditentukan perusahaan, agar wilayah yang terjangkau oleh perusahaan semakin luas dan konsumen dapat dengan mudah mendapatkan pelayanan perusahaan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/689
Date: 2005-11


Files in this item

Files Size Format View Description
content 1.pdf 1.355Mb PDF View/Open content 1
content 2.pdf 761.6Kb PDF View/Open content 2
cover.pdf 138.4Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record