Pengaruh Pelayanan Herregistrasi Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama Bandung

Widyatama Repository

Pengaruh Pelayanan Herregistrasi Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama Bandung

Show full item record

Title: Pengaruh Pelayanan Herregistrasi Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama Bandung
Author: Gunawan, David
Abstract: David Gunawan, Pengaruh Pelayanan Herregistrasi Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama Bandung, skripsi, 2005, dibawah bimbingan Sri Wiludjeng S. P., S. E., M. P. dan Hj. Wien Dyahrini S. E., M. Si. Saat ini perguruan tinggi sebagai penyedia jasa yang sifatnya pure service dituntut bukan hanya mengutamakan di bidang akademik saja akan tetapi di bidang administratif juga. Dalam usaha memberikan atau meningkatkan pelayanan yang terbaik untuk kepuasan mahasiswa maka Universitas harus memperhatikan kebutuhan dan keinginan mahasiswa. Salah satunya adalah dengan memberikan pelayanan administratif akademis dengan baik. Di dalam pelayanan administratif terdapat layanan herregistrasi mahasiswa yang adalah tata cara pendaftaran ulang atau prosedur pembayaran biaya kuliah yang harus dilewati oleh setiap mahasiswa untuk dapat menempuh masa pendidikannya di Universitas. Masalah yang seringkali terjadi dalam pelayanan herregistrasi selama ini adalah keluhan-keluhan mahasiswa terhadap antrian yang panjang, ruangan yang tidak memadai, sulitnya memperoleh formulir, petugas yang tidak ramah, kecepatan dalam memperoleh informasi, pelayanan yang lambat. Keluhan-keluhan tersebut tentunya adalah masukan yang perlu ditanggapi oleh pihak Universitas dan pihak Universitas perlu terbuka dan tanggap. Dengan menanggapi keluhan-keluhan tersebut akan memperbaiki serta membangun citra pelayanan Universitas di masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana tanggapan mahasiswa atas pelayanan herregistrasi mahasiswa di Universitas Widyatama, tingkat kepuasan mahasiswa Universitas Widyatama Fakultas Bisnis dan Manajemen dan seberapa besar pengaruh pelayanan herregistrasi mahasiswa terhadap tingkat kepuasan mahasiswa fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama. Penelitian menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 340 orang mahasiswa mahasiswi Fakultas Bisnis dan Manajemen yang merupakan responden dan pengguna jasa layanan herregistrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan responden tidak puas terhadap tangible dari layanan herregistrasi yaitu ruangan yang tidak nyaman, jumlah petugas dari bagian administrasi, LDE, bank, dan bagian keuangan tidak cukup serta peralatan yang ada kurang baik. Serta perlu perbaikan kinerja layanan yaitu kecepatan pelayanan, keramahan, kesungguhan, dan kesabaran para petugas. Tingkat kepuasan mahasiswa sangat rendah menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa tidak puas dengan layanan herregistrasi saat ini. Perhitungan dengan menggunakan rank spearman menunjukkan terdapat hubungan yang positif antara pelayanan herregistrasi mahasiswa terhadap tingkat kepuasan mahasiswa fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama yaitu sebesar 0,505 dan hubungan ini dikategorikan dalam hubungan korelasi sedang. Dengan pengujian menggunakan uji Z terhadap hipotesis statistiknya diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh antara pelayanan herregistrasi mahasiswa terhadap tingkat kepuasan mahasiswa fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama sebesar 25,5 %. Dari uraian di atas penulis menyimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan herregistrasi mahasiswa mempunyai hubungan yang positif terhadap tingkat kepuasan mahasiswa fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama. Penulis menyarankan agar pihak Universitas agar memperbaiki sistem pembayaran herregistrasi yang mudah, efektif, dan efisien serta perlu perbaikan kinerja layanan administrasi yaitu kecepatan pelayanan, keramahan, kesungguhan, dan kesabaran para petugas.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/684
Date: 2005-10


Files in this item

Files Size Format View Description
content 1.pdf 16.05Mb PDF View/Open content 1
content 2.pdf 8.958Mb PDF View/Open content 2
cover.pdf 63.58Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record