Pengaruh Pelayanan Administrasi Akademik terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama

Widyatama Repository

Pengaruh Pelayanan Administrasi Akademik terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama

Show full item record

Title: Pengaruh Pelayanan Administrasi Akademik terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama
Author: Wijaya, Anton
Abstract: Penyusun : Anton Wijaya ( 02.02.376 ), Judul penelitian : â Pengaruh Pelayanan Administrasi Akademik terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatamaâ . Dalam penyusunan skripsi ini dibimbing oleh Ibu Sri Wiludjeng S.P., S.E., M.P., sebagai Dosen pembimbing I dan Ibu Lasmanah S.E., M.Si., sebagai Dosen pembimbing II. Universitas sebagai salah satu perusahaan jasa yang bergerak dalam bidang pendidikan tinggi, mempunyai berbagai faktor internal maupun eksternal yang dapat membantu dalam mendapat para mahasiswa. Faktor-faktor tersebut bahkan dapat meningkatkan jumlah mahasiswa yang berminat untuk mendapatkan pendidikan di dalam Universitas tersebut, atau bahkan mengurangi. Salah satu faktor yang berperan adalah bidang atau bagian pelayanan Administrasi Akademik, dimana bagian tersebut merupakan salah satu bagian internal yang berhubungan secara langsung dengan para mahasiswa. Pelayanan yang didapatkan oleh para mahasiswa secara langsung akan memberi persepsi atau tanggapan secara langsung juga. Mahasiswa akan mendapatkan perasaan puas atau tidak puas pada saat menerima pelayanan Administrasi Akademik. Tingkat kepuasan mahasiswa sebagai konsumen sangat penting demi kelangsungan hidup suatu Universitas. Tujuan penulis melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana pelayanan administrasi akademik di Universitas Widyatama, bagaimana karakteristik, harapan, dan tanggapan mahasiswa Fakultas Bisnis dan Manajemen atas pelayanan yang diberikan oleh bagian tersebut, berapa besar pengaruh pelayanan yang diberikan terhadap tingkat kepuasan mahasiswa Fakultas Bisnis dan Manajemen, serta berapa besar tingkat kepuasan mahasiswa Fakultas Bisnis dan Manajemen tersebut. Hasil penelitian yang penulis dapatkan menunjukkan bahwa tanggapan harapan mahasiswa terhadap unsur pelayanan yang diberikan oleh administrasi akademik adalah sangat penting sebesar 4,38. Tanggapan mahasiswa terhadap kinerja pelayanan yang dirasakan adalah sedang yaitu sebesar 3,08. Melalui perhitungan koefisien determinasi diperoleh prosentase besarnya pengaruh pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa adalah sebesar 62% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Tingkat kepuasan mahasiswa Fakultas Bisnis dan Manajemen yang didapatkan dari hasil rata-rata adalah sebesar -1,3 yang berarti mahasiswa kurang puas atas pelayanan yang diberikan oleh bagian administrasi akademik. Dari analisis yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa Administrasi Akademik sebaiknya meningkatkan dan memperbaiki aktivitas pelayanannya. Selain itu disarankan agar pihak Administrasi Akademik berusaha untuk mempertahankan pelayanan yang dianggap sudah baik oleh mahasiswa dan memperbaiki pelayanan yang dianggap masih kurang baik. Serta memperhatikan mengenai keluhan-keluhan mahasiswa walaupun dalam hal-hal kecil sekalipun. Dengan menanggapi setiap keluhan yang ada, memperhatikan keinginan mahasiswa dan meningkatkan keramahan dalam memberikan pelayanan diharapkan kepuasan mahasiswa dapat tercapai.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/682
Date: 2005-11


Files in this item

Files Size Format View Description
content 1.pdf 1.560Mb PDF View/Open content 1
content 2.pdf 4.001Mb PDF View/Open content 2
cover.pdf 66.10Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record