Peranan Public Relation dalam Upaya Pembentukan Citra pada PT. Rajawali Jaya Mandiri Cabang Cirebon

Widyatama Repository

Peranan Public Relation dalam Upaya Pembentukan Citra pada PT. Rajawali Jaya Mandiri Cabang Cirebon

Show full item record

Title: Peranan Public Relation dalam Upaya Pembentukan Citra pada PT. Rajawali Jaya Mandiri Cabang Cirebon
Author: Nurlita, Frieda Maharani
Abstract: Untuk mengkomunikasikan produk dan jasa suatu perusahaan PT. Rajawali Jaya Mandiri cabang Cirebon melaksanakan aktifitas public relation atau kehumasan. Adapun aktifitas public relation tersebut memiliki tujuan untuk memelihara citra produk atau jasa dan kredibilitas dimata masyarakat, serta menekan biaya promosi. Bertitik tolak pada latar belakang penulis membatasi masalah yaitu, pelaksanaan aktifitas public relation, tanggapan konsumen terhadap aktifitas public relation, serta peranan public relation terhadap pembentukan citra perusahaan. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode survey eksplanatori yaitu penelitian survey yang digunakan untuk menjelaskan hubungan kausal antara dua variabel melalui pengujian hipotesis. Sifat penelitian yang digunakan adalah verifikatif yaitu melakukan pengujian untuk mencari kebenaran dari suatu hipotesis yang dirumuskan sebelumnya. Untuk mendukung metode tersebut, teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah penelitian pustaka dan penelitian lapangan, guna memperoleh data primer dengan cara menyebarkan angket (kuisioner). Jumlah responden adalah 63 responden namun kuisioner yang kembali pada penulis dan dapat diterima datanya untuk diolah adalah 45 responden yang merupakan pelanggan PT. Rajawali Jaya Mandiri cabang Cirebon. Pengujian hipotesis menggunakan korelasi Rank Spearman. Hasil pengujian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara public relation dengan pembentukan citra (rs=0.751). Dan koefisien determinasi sebesar 56.40%, hal ini berarti peranan public relation dalam pembentukan citra sebesar 56.40% disebabkan kegiatan public relation. Berdasarkan pengujian satu arah diperoleh thitung > ttabel yaitu 7.462 > 1.682. Jadi kesimpulannya H0 ditolak dan Ha diterima artinya public relation mempunyai peranan positif dalam pembentukan citra perusahaan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/680
Date: 2005-12


Files in this item

Files Size Format View Description
content 1.pdf 1.537Mb PDF View/Open content 1
content 2.pdf 684.9Kb PDF View/Open content 2
cover.pdf 36.55Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record