Pengaruh Nilai Kurs Rupiah Per Dolar AS Dan Tingkat Suku Bunga SBI Terhadap Indeks Harga Saham Sektor Aneka Industri Di Bursa Efek Jakarta (Periode Juni 2004 - Juni 2005)

Widyatama Repository

Pengaruh Nilai Kurs Rupiah Per Dolar AS Dan Tingkat Suku Bunga SBI Terhadap Indeks Harga Saham Sektor Aneka Industri Di Bursa Efek Jakarta (Periode Juni 2004 - Juni 2005)

Show full item record

Title: Pengaruh Nilai Kurs Rupiah Per Dolar AS Dan Tingkat Suku Bunga SBI Terhadap Indeks Harga Saham Sektor Aneka Industri Di Bursa Efek Jakarta (Periode Juni 2004 - Juni 2005)
Author: Yatmiko, Sopyan
Abstract: Krisis ekonomi sekarang yang merupakan kelanjutan dari krisis ekonomi sebelumnya. Fluktuasi nilai tukar rupiah masih terjadi yang disebabkan masih lemahnya tingkat kepercayaan kepada rupiah, kondisi sosial ekonomi yang belum stabil, dan fluktuasi harga minyak mentah di pasaran dunia. Fluktuasi nilai tukar ini diikuti dengan penyesuaian pada tingkat suku bunga SBI. Krisis ekonomi juga mempengaruhi investasi di pasar modal di Indonesia. Dampak krisis ekonomi terlihat dari turunnya Indeks Harga Saham Gabungan, yang tidak lain menggambarkan kondisi turunnya rata-rata harga saham di pasar modal di Indonesia. Harga-harga saham tersebut salah satunya adalah harga saham yang tergabung dalam sektor aneka industri yang meliputi sektor otomotif dan komponennya, mesin dan alat berat, textil dan garmen serta sektor lainnya yang menurut penulis sangat memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh nilai tukar rupiah per dollar AS dan tingkat suku bunga SBI terhadap indeks harga saham sektor aneka industri baik secara simultan maupun parsial. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data akhir bulan untuk nilai kurs rupiah per dollar AS dan data rata-rata bulanan dengan jangka waktu satu bulanan untuk tingkat suku bunga SBI, sedangkan data indeks harga saham sektor aneka industri diambil dari data pembukaan awal bulan. Data yang digunakan dengan periode Juni 2004-Juni 2005. Data-data diperoleh dari Bank Indonesia, Bursa efek jakarta dan lembaga lain yang berkaitan. Untuk mencapai tujuan penelitian, metode yang digunakan adalah analisis statistik. Pengujian hipotesis menggunakan uji F-statistik dan uji t-statistik, pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian secara simultan yang menggunakan uji F-statistik menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kurs rupiah terhadap dollar AS dan tingkat suku bunga SBI terhadap indeks harga saham sektor aneka industri. Hal ini dilihat dari atau 23,033>7,56, dimana Ho ditolak. Hasil pengujian secara parsial yang menggunakan t-statistik menunjukan hal-hal sebagai berikut : 1. Terdapat pengaruh yang signifikan dan searah antara kurs rupiah terhadap dollar AS terhadap indeks harga saham sektor aneka industri. Dari hasil perhitungan diperoleh atau 2,794>2,064, dimana Ho ditolak. 2. Terdapat pengaruh yang signifikan dan berlawanan arah antara tingkat suku bunga SBI terhadap indeks harga saham sektor aneka industri. Dari hasil perhitungan diperoleh atau -3,340<2,064, dimana Ho ditolak. Hasil penelitian ini berlaku untuk periode penelitian yang bersangkutan untuk mengetahui apakah hasil penelitian ini berlaku secara umum perlu dilakukan penelitian sejenis dengan menggunakan periode yang lain.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/678
Date: 2005-10


Files in this item

Files Size Format View Description
content 1.pdf 1.784Mb PDF View/Open content 1
content 2.pdf 2.060Mb PDF View/Open content 2
cover.pdf 114.3Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record