Pengaruh Atribut Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Surat Kabar Pikiran Rakyat Di Bandung

Widyatama Repository

Pengaruh Atribut Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Surat Kabar Pikiran Rakyat Di Bandung

Show full item record

Title: Pengaruh Atribut Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Surat Kabar Pikiran Rakyat Di Bandung
Author: Rizkiyanti, Mia Siti
Abstract: Kemampuan menyediakan dan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat sangat penting adanya seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi yang kian berkembang. Surat kabar sebagai penyedia informasi berusaha untuk dapat memenuhi permintaan masyarakat akan kebutuhan informasi yang dapat dipercaya. Saat ini persaingan antar penerbit surat kabar terjadi cukup pesat, mereka menyajikan surat kabar dengan ciri khas yang berbeda-beda, bersaing meraih konsumen potensial untuk menjadi pelanggan yang loyal pada produk perusahaan. Dari uraian di atas, penulis mencoba meneliti pengaruh atribut produk terhadap loyalitas pelanggan surat kabar Pikiran Rakyat di Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kebijakan atribut produk surat kabar Pikiran Rakyat, untuk mengetahui bagaimana tanggapan responden terhadap atribut produk dan loyalitas pelanggan surat kabar Pikiran Rakyat di Bandung, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh atribut produk terhadap loyalitas pelanggan surat kabar Pikiran Rakyat di Bandung. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan sifat penelitian verifikatif. Teknik pengumpulan data yang yang dilakukan penulis adalah penelitian kepustakaan guna memperoleh data sekunder, serta penelitian lapangan guna memperoleh data primer dengan wawancara dan penyebaran kuesioner. Berdasarkan perhitungan statistik terhadap variabel X yaitu atribut produk dan variabel Y yaitu loyalitas pelanggan diperoleh angka koefisien korelasi Rank Spearman sebesar 0.674 hal ini menunjukan bahwa hubungan kedua variabel kuat dan searah. Sedangkan nilai koefisien determinasi sebesar 45.43 % artinya atribut produk mempengaruhi loyalitas pelanggan surat kabar Pikiran Rakyat di Bandung sebesar 45.43 % dan sisanya sebesar 54.57 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diukur oleh penulis. Setelah dilakukan pengujian hipotesis satu arah, diperoleh nilai z hitung > z tabel (5.177 >1.645) jelas terlihat bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa terdapat pengaruh positif antara atribut produk dengan loyalitas pelanggan surat kabar Pikiran Rakyat di Bandung, maka hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima. Perusahaan harus berusaha untuk menciptakan konsumen yang loyal terhadap produk perusahaan, salah satunya adalah melalui peningkatan atribut produk yang lebih baik lagi. Tetapi berdasarkan penilaian responden, sebagian besar dari mereka menyatakan atribut produk surat kabar Pikiran Rakyat sangat baik. Sehingga saran penulis adalah perusahaan harus dapat mempertahankan atribut produknya.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/674
Date: 2005-10


Files in this item

Files Size Format View Description
content 1.pdf 2.494Mb PDF View/Open content 1
content 2.pdf 1.462Mb PDF View/Open content 2
cover.pdf 119.2Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record