Pengaruh Atribut Produk Silver Queen Terhadap Loyalitas Konsumen

Widyatama Repository

Pengaruh Atribut Produk Silver Queen Terhadap Loyalitas Konsumen

Show full item record

Title: Pengaruh Atribut Produk Silver Queen Terhadap Loyalitas Konsumen
Author: Firmansyah, M. Reza
Abstract: Dalam penelitian ini penulis mengambil judul â Pengaruh Atribut Produk Silver Queen Terhadap Loyalitas Konsumenâ . Tujuan dari penelitian yang dilakukan penulis adalah untuk mengetahui tanggapan konsumen atas atribut produk Silver Queen dan untuk mengetahui besarnya hubungan antara atribut produk Silver Queen dengan loyalitas konsumen. Untuk mengukur dan menganalisa hubungan antara kedua variabel di atas, penulis menyebarkan kuesioner pada 30 orang responden. Kemudian dari hasil tanggapan responden yang dilakukan dengan menggunakan metode statistik dengan Korelasi Rank Spearman dan statistik uji t, diketahui bahwa tanggapan konsumen atas atribut produk Silver Queen adalah baik, yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata secara keseluruhan atas pernyataan responden terhadap atribut produk Silver Queen adalah 3,92. Selanjutnya, tanggapan konsumen terhadap loyalitas konsumen terhadap Silver Queen adalah cukup baik, yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata secara keseluruhan atas pernyataan responden terhadap loyalitas konsumen adalah 2,97. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara atribut produk Silver Queen terhadap loyalitas konsumen adalah cukup kuat yaitu sebesar 0,55 Sedangkan dari hasil uji signifikan t diperoleh t hitung sebesar 3,485 dimana nilai tersebut lebih besar dari t tabel yang hanya sebesar 1,701. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis penulis yaitu â Atribut produk Silver Queen berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumenâ dapat diterima. Perhitungan koefisien determinasi r menunjukkan bahwa besarnya pengaruh atribut produk terhadap loyalitas konsumen adalah sebesar 30,25 %, sedangkan sisanya yaitu sebesar 69,75 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini Penulis menyarankan agar PT. CERES sebagai produsen produk Silver Queen untuk lebih meningkatkan kualitas atribut produk Silver Queen sehingga akan lebih meningkatkan loyalitas konsumennya. Hal ini penting karena ancaman dari produk-produk yang sejenis dari perusahaan pesaing akan terus datang.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/664
Date: 2005-09


Files in this item

Files Size Format View Description
content 1.pdf 1.020Mb PDF View/Open content 1
content 2.pdf 513.1Kb PDF View/Open content 2
cover.pdf 127.1Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record