Pengaruh Besarnya Modal Sendiri Dan Besarnya Hutang Jangka Panjang Terhadap Nilai Perusahaan pada PT. British American Tobacco (BAT) Indonesia Tbk.

Widyatama Repository

Pengaruh Besarnya Modal Sendiri Dan Besarnya Hutang Jangka Panjang Terhadap Nilai Perusahaan pada PT. British American Tobacco (BAT) Indonesia Tbk.

Show full item record

Title: Pengaruh Besarnya Modal Sendiri Dan Besarnya Hutang Jangka Panjang Terhadap Nilai Perusahaan pada PT. British American Tobacco (BAT) Indonesia Tbk.
Author: Ruseno, M. Irfan
Abstract: Membaiknya perekonomian Indonesia akan memberikan peluang kepada para investor untuk kembali bermain di Bursa. Bagi perusahaan yang mencari dana segar, pasar modal memberikan peluang untuk mencari dana yang murah selain dari sektor perbankan, seperti yang kita kenal selama ini. Dalam menjalankan kegiatan operasinya suatu perusahaan dapat menggunakan sumber dana dari pihak internal maupun eksternal perusahaanDengan adanya proporsi yang tepat antara modal pinjaman jangka panjang dan modal sendiri yang ada dalam perusahaan, maka diharapkan nilai perusahaan akan menjadi maksimal terutama dalam aspek finansialnya. Atas dasar ini, penulis mencoba melakukan penelitian yang hasilnya dituangkan dalam skripsi dengan judul â PENGARUH BESARNYA MODAL SENDIRI DAN BESARNYA HUTANG JANGKA PANJANG TERHADAP NILAI PERUSAHAANâ pada PT. British American Tobacco (BAT) Indonesia Tbk. Modal sendiri dapat dihitung dengan menjumlahkan seluruh variabel modal sendiri yang tercantum dalam laporan keuangan. Hutang jangka panjang dapat diperoleh langsung dari laporan keuangan. Untuk menghitung Nilai Perusahaan dalam hal ini indikatornya ROE, dilakukan dengan cara membagi Earning After Tax dengan modal sendiri.. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus yaitu dengan mengumpulkan, menginventarisasi dan menyajikan data yang ada disertai dengan interpretasi sehingga dapat memberikan gambaran yang jelas. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier, analisis koefisien korelasi, koefisien determinasi. Berdasarkan hasil perhitungan persamaan regresi liniernya adalah Y=20,633 â 0,506 X1 + 3,027 X2 + e dan koofisien korelasi sebesar 0,685 menunjukan hubungan yang positif atau searah. Kontribusi modal sendiri dan hutang jangka panjang terhadap nilai perusahaan sebesar 20,4% dan sisanya sebesar 79,6% dipengaruhi oleh factor-faktor lain. Hasil pengujian statistic memperlihatkan bahwa dengan tingkat signifikansi 5%, modal sendiri dan hutang jangka panjang (pada periode tahun 1997-2003 di PT. BAT Indonesia Tbk) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/662
Date: 2005-11


Files in this item

Files Size Format View Description
content 1.pdf 1.170Mb PDF View/Open content 1
content 2.pdf 987.3Kb PDF View/Open content 2
cover.pdf 59.28Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record