Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Sari Sunda Soekarno-Hatta Bandung

Widyatama Repository

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Sari Sunda Soekarno-Hatta Bandung

Show full item record

Title: Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Sari Sunda Soekarno-Hatta Bandung
Author: Yudha, Andhi
Abstract: â Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Rumah Makan Sari Sunda Soekarno Hatta Bandungâ . Disusun oleh Andhi Yudha NRP: 0200098. Kepuasan pelanggan merupakan penilaian atas kinerja atau kualitas pelayanan yang diberikan. Kepuasan pelanggan yang tinggai dapat mendorong kesetiaan pelanggan. Tujuan penulis melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktifitas pelayanan apa saja yang diberikan oleh Rumah Makan Sari Sunda Soekarno Hatta Bandung, untuk mengetahui harapan dan kinerja yang dirasakan oleh konsumen atas pelayanan yang diberikan oleh pihak Rumah Makan, dan untuk menganalisa seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Rumah Makan Sari Sunda Soekarno Hatta Bandung. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif, menurut Nazir (2003;54), metode penelitian deskriptif yaitu suatu metode dalam meneliti suatu status sekelompok manusia, suatu objek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. pengunjung Rumah Makan Sari Sunda soekarno Hatta Bandung rata-rata satu hari adalah 120 orang oleh karena itu ditentukan populasinya sebanyak 500 orang. Menurut Paguso, Garcia dan Guerero yang dikutip Husein Umar (2002;142) mengemukakan bahwa dengan populasi sebanyak 120 orang dengan batas kesalahan 5% dapat ditentukan ukuran sampel dalam penelitian dengan rumus perhitungan Solvin. Dari hasil analisis kinerja yang dirasakan konsumen terhadap kualitas pelayanan Rumah Makan Sari Sunda Soekarno Hatta Bandung secara keseluruhan dapat diperoleh rata-rata kinerja yang dirasakan konsumen sebesar 4,16. Hal ini menunjukan bahwa kinerja yang dirasakan konsumen terhadap kulitas pelayanan Rumah Makan Sari Sunda Soekarno Hatta Bandung adalah baik, sehingga kualitas pelayanan yang diberikan oleh Rumah Makan Sari Sunda Soekarno Hatta Bandung telah dapat memenuhi harapan konsumen.Berdasarkan dari hasil analisis harapan konsumen terhadap kualitas pelayanan Rumah Makan Sari Sunda Soekarno Hatta Bandung secara keseluruhan, maka dapat diperoleh rata-rata harapan konsumen sebesar 4,54. Hal ini menunjukan bahwa harapan konsumen terhadap kulaitas pelayanan Rumah Makan Sari Sunda Soekarno Hatta Bandung adalah sangat penting. Harapan tertinggi responden adalah mengenai cita rasa makan dan minuman yang ditawarkan Rumah Makan Sari Sunda Soekarno Hatta Bandung. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien korelasi Rank Spearman (rs), maka diperoleh rs sebesar 0.63. Hal ini menunjukan adanya hubungan yang cenderung kuat dan searah antara variabel X yaitu kualitas pelayanan, dengan variabel Y yaitu kepuasan konsumen. Artinya jika kualitas pelayanan rumah makan dirasakan baik, maka konsumen akan merasa puas dan sebaliknya.Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi (kd), maka diperoleh kd sebesar 39,69 % artinya kepuasan konsumen Rumah Makan Sari Sunda Soekarno Hatta Bandung dipengaruhi sebesar 39,69 % oleh kualitas pelayanan, sedangkan sisanya 60,31 % dipengaruhi oleh varibel lainnya yang tidak diukur oleh peneliti, seperti : promosi, harga, kondisi ekonomi dan politik, kebijakan pemerintah dan lain sebagainya.Berdasarkan hasil perhitungan analisis uji hipotesis, maka dapat diketahui nilai thitung adalah sebesar 8,036 dan nilali ttabel sebesar 1,663. hal ini menunjukan bahwa nilai t hitung lebih besar daripada nilali t tabel. Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak ini berarti terdapat hubungan positif antara kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen. Oleh karena itu nilai thitung berada pada daerah penolakan Ho, jadi hipotesis yang diajukan penulis yaitu. â Jika kualitas pelayanan yang ditawarkan rumah makan baik maka akan berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen â , dapat diterima. Berdasarkan analissis peryataan responden terhadap kulitas pelayanan Rumah Makan Sari Sunda Soekarno Hatta Bandung, secara keseluruhan disarankan agar pihak Ruumah makan mampu untuk mempertahankan kulitas pelayanan yang sudah dianggap baik dan memperbaiki kekurangan yang lalinnya.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/652
Date: 2005-11


Files in this item

Files Size Format View Description
content 1.pdf 1.786Mb PDF View/Open content 1
content 2.pdf 964.1Kb PDF View/Open content 2
cover.pdf 59.72Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record