Kememadaian Analisis Break Even Sebagai Alat Bantu Manajemen Dalam Perencanaan Laba Perusahaan (Suatu tinjauan Pada PT PMTI)

Widyatama Repository

Kememadaian Analisis Break Even Sebagai Alat Bantu Manajemen Dalam Perencanaan Laba Perusahaan (Suatu tinjauan Pada PT PMTI)

Show full item record

Title: Kememadaian Analisis Break Even Sebagai Alat Bantu Manajemen Dalam Perencanaan Laba Perusahaan (Suatu tinjauan Pada PT PMTI)
Author: Ariyanti, Rikeu Dewi
Abstract: Untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, suatu perusahaan harus dapat memperoleh laba yang memadai. Laba merupakan ukuran penting bagi perkembangan perusahaan, laba juga merupakan tujuan perusahaan baik jangka panjang maupun jangka pendek. Untuk mencapai target laba maka perlu disusun suatu perencanaan laba dan juga alat bantu, perencanaan laba merupakan suatu pedoman mengenai tujuan yang hendak dicapai oleh perusahaan agar perencanaan laba tersebut memberikan kontribusi yang maksimal.Alat bantu yang dapat digunakan dalam hal ini adalah analisis break even, analisis break even metode untuk mengetahui volume penjualan minimal agar perusahaan tidak menderita kerugian dan juga belum memperoleh laba, atas dasar itulah penulis memilih judul penelitian â Analisis Break Even Sebagai alat Bantu Bagi Manajemen Dalam Perencanaan Labaâ . Tempat penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah PT PMTI yang berlokasi di jalan Rancajigang No.200 Majalaya- Bandung. Perusahaan tersebut melakukan kegiatan usahanya memproduksi kain-kain tenun khususnya kain BSY. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kememadaian perusahaan telah melakukan analisis break even sebagai alat perencanaan laba. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis dengan pendekatan studi kasus yaitu dengan menganalisis data yang ada pada PT PMTI kemudian diolah untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan. Dalam penelitian ini, penulis mengumpulkan data secara langsung pada perusahaan seperti wawancara dan memperoleh data pendukung seperti data penjualan dan data biaya tahun 2003 dan 2004. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa analisis break even telah dilakukan oleh perusahaan secara memadai, analisis ini juga berfungsi sebagai alat bantu bagi manajemen dalam perencanaan laba, hal ini terlihat dari telah dikelompokkannya semua biaya yang ada kedalam elemen biaya tetap dan biaya variabel, biaya variabel perunitnya adalah tetap sama dalam range tertentu, biaya tetap jumlahnya konstan tidak mengalami perubahan meskipun volume produksi/volume kegiatan berubah dalam range tertentu, harga jual perunitnya tetap konstan pada berbagai tingkat volume penjualan dalam periode tertentu, kapasitas yang dimiliki perusahaan tidak berubah, perubahan jumlah persediaaan awal dan persediaan akhir dianggap tidak signifikan, perbandingan antara rencana dengan realisasi yang terjadi. Pada kenyataannya telah terjadi kenaikan laba perusahaan dari yang telah direncanakan Rp.5.500.000.000 menjadi Rp. 5.563.765.827 atau naik sebesar 1,6% yang menunjukkan bahwa analisis break even telah memadai sebagai alat bantu manajemen dalam perencanaan laba perusahaan, sehingga hipotesis penelitian dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/651
Date: 2005-10


Files in this item

Files Size Format View Description
content.pdf 1.597Mb PDF View/Open content
cover.pdf 100.0Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record