Peranan Sistem Akuntansi Penjualan Buku dalam Menunjang Penyediaan Informasi Penjualan yang Berkualitas (Studi kasus pada CV. Pionir Group Bandung)

Widyatama Repository

Peranan Sistem Akuntansi Penjualan Buku dalam Menunjang Penyediaan Informasi Penjualan yang Berkualitas (Studi kasus pada CV. Pionir Group Bandung)

Show full item record

Title: Peranan Sistem Akuntansi Penjualan Buku dalam Menunjang Penyediaan Informasi Penjualan yang Berkualitas (Studi kasus pada CV. Pionir Group Bandung)
Author: Mulyadi, Yudi Susanto
Abstract: Pada saat ini banyak perusahaan yang menerbitkan dan mendistribusikan buku, dalam menghadapi persaingan dengan perusahaan yang lain perusahaan akan berusaha mencari yang terbaik. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengadakan sistem akuntansi yang memadai, karena dengan adanya suatu sistem akuntansi yang memadai dapat berguna bagi manajemen perusahaan untuk mengambil keputusan yang akan membantu dalam menghadapi persaingan dengan perusahaan lain. Salah satu kegiatan penting dalam perusahaan adalah kegiatan penjualan dan salah satu sarana yang menyediakan informasi penjualan bagi manajemen adalah sistem akuntansi penjualan. Karena pentingnya informasi tersebut, sistem akuntansi penjualan harus dirancang sedemikian rupa sehingga sistem tersebut dapat menghasilkan informasi yang berkualitas dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan bagi manajemen. Guna melakukan penelitian ini, penulis melakukan ke CV Pionir Group. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam melaksanakan penelitian tersebut adalah metode deskriptif analitis yaitu suatu metode yang berusaha mengumpulkan, menyajikan dan menganalisis data sehingga dapat memberikan gambaran yang cukup jelas atas objek yang diteliti. Pengumpulan data dilaksanakan dengan penelitian kepustakaan dan penelitian langsung dengan menggunakan wawancara dengan pihak perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sistem akuntansi penjualan berperan dalam penyediaan informasi penjualan yang berkualitas, sistem akuntansi penjualan berperan sebagai berikut : 1. Sistem akuntansi penjualan menyajikan data akuntansi dari aktivitas penjualan yang relevan, akurat dan tepat waktu sesuai dengan yang dibutuhkan oleh manajemen 2. Sistem akuntansi penjualan menyediakan bukti-bukti pencatatan dan pelaporan yang akurat atas seluruh kegiatan penjualan perusahaan. 3. Sistem akuntansi penjualan dapat memberikan informasi yang membandingkan antara anggaran dan realita sehingga dapat memudahkan manajemen untuk pengambilan keputusan penjualan. 4. Sistem akuntansi penjualan menyediakan informasi yang bermanfaat bagi manajemen dalam melakukan evaluasi penjualan. 5. Laporan sistem akuntansi penjualan dapat menjadi dasar pelaksanaan pengambilan keputusan penjualan bagi manajemen. Melalui perhitungan korelasi Rank Spearman, didapatkan hasil koefisien sebesar 0,6495 yang berarti hubungan yang kuat antara kedua variabel yaitu peranan sistem akuntansi penjualan buku mempunyai hubungan yang kuat dengan penyediaan informasi penjualan yang berkualitas, sedangkan melalui pengujian hipotesis statistik diperoleh hasil ttabel < thitung (2,3060 < 2,416). Dengan demikian hipotesis yang penulis kemukakan, yaitu â dengan diterapkannya sistem akuntansi penjualan yang memadai akan menunjang penyediaan informasi penjualan yang berkualitasâ dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/645
Date: 2005-10


Files in this item

Files Size Format View Description
content.pdf 15.07Mb PDF View/Open content
cover.pdf 65.14Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record