Fungsi Internal Audit Dalam Mengefektivitaskan Pengendalian Intern Penjualan Dan Piutang ( Survei pada PT. Muliakeramik Indahraya )

Widyatama Repository

Fungsi Internal Audit Dalam Mengefektivitaskan Pengendalian Intern Penjualan Dan Piutang ( Survei pada PT. Muliakeramik Indahraya )

Show full item record

Title: Fungsi Internal Audit Dalam Mengefektivitaskan Pengendalian Intern Penjualan Dan Piutang ( Survei pada PT. Muliakeramik Indahraya )
Author: Prayudi, Eko
Abstract: Adanya pengendalian intern yang memadai dalam suatu perusahaan mutlak diperlukan, tapi pengendalian yang baik belumlah cukup bila tidak diterapkan sebagaimana mestinya. Dengan adanya pengendalian intern yang memadai akan membantu manajemen dalam memberikan informasi yang akurat, tepat dan cepat demi kelangsungan hidup perusahaan, maka diperlukan adanya upaya peningkatan efektivitas suatu pengendalian intern. Setiap perusahaan menetapkan perolehan profit sebagai tujuan perusahaan, agar kelangsungan hidup perusahaan tetap terjamin dalam arti pendapatan yang diterima harus dapat menutupi biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan. Oleh sebab itu, masalah yang dihadapi perusahaan adalah bagaimana meningkatkan volume penjualan agar tujuan perusahaan dapat tercapai. Dalam aktivitas penjualan ini, pengendalian intern perlu diterapkan, sehingga diperlukan adanya pengelolaan yang lebih baik serta sesuai dengan kebijaksanaan yang telah diterapkan, agar resiko yang dapat merugikan perusahaan dapat ditekan sekecil mungkin. Berdasarkan hal tersebut di atas, maka penulis mencoba melakukan penelitian mengenai â Fungsi Audit Internal dalam Mengefektifitaskan Pengendalian Intern Penjualan dan Piutangâ pada PT. Muliakeramik Indahraya yang berlokasi di Jalan Raya Tegal Gede, Lemah Abang, Cikarang-Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis, yaitu metode yang berusaha mendeskripsikan apa yang dilakukan oleh perusahaan berdasarkan fakta-fakta atau kejadian pada perusahaan tersebut untuk kemudian diolah menjadi data dan selanjutnya diadakan suatu analisis sehingga akhirnya dapat ditarik suatu kesimpulan. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research) dan penelitian kepustakaan (library research). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa terdapatnya hubungan atau korelasi (rs) sebesar 0,533 atau 53,3% antara variabel X â Fungsi Audit Internalâ dengan variabel Y â Efektifitas Pengendalian Intern Penjualan dan Piutangâ , dan koefisien determinasinya (kd) atau faktor-faktor yang mempengaruhi variabel Y sebesar 28,41%, selebihnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar variabel X. Dari hasil perhitungan uji hipotesis menunjukan bahwa t hitung adalah 1,99 sedangkan t tabel pada tingkat signifikansi 5% dengan degree of freedom 10 adalah 1,812, sehingga hipotesis penelitian dapat diterima bahwa Audit Internal berfungsi secara signifikan dalam Mengefektifitaskan Pengendalian Intern Penjualan dan Piutang.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/644
Date: 2005-11


Files in this item

Files Size Format View Description
content.pdf 27.67Mb PDF View/Open content
cover.pdf 136.8Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record